Bashar Bain, Bima Afrizal (2025) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA SISTEM INFORMASI LAND FUNDING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN METODE PIECES FRAMEWORK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (205kB) |
![]() |
Text
2. Lembar Persetujuan & Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (474kB) |
![]() |
Text
3. Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) |
![]() |
Text
4. Abstrak (Indo & Eng).pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (317kB) |
![]() |
Text
6. Skripsi Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (305kB) |
![]() |
Text
8. Surat Keterangan Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (814kB) |
Abstract
Sistem informasi berperan penting dalam mendukung efektivitas dan efisiensi proses bisnis organisasi, termasuk dalam layanan pendanaan pengadaan tanah pada Proyek Strategis Nasional (PSN). Sebelum diterapkannya sistem informasi Land Funding Management System (LFMS), proses layanan pendanaan dilakukan secara manual dan kurang efisien. Hal ini menyebabkan tingginya biaya operasional, lambatnya proses informasi, dan rendahnya akuntabilitas. Permasalahan ini mendorong perlunya analisis terhadap tingkat kepuasan pengguna terhadap sistem informasi LFMS yang telah dikembangkan dan diimplementasikan oleh Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan penyebaran kuesioner kepada 74 responden yang merupakan pengguna aktif sistem LFMS di lingkungan PPK Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah I. Evaluasi sistem dilakukan menggunakan kerangka kerja PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service), dengan pengukuran data menggunakan Skala Likert. Hasil analisis menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengguna merasa puas terhadap sistem LFMS, dengan penilaian tertinggi pada aspek efisiensi waktu dan kemudahan penggunaan sistem. Pengguna menilai sistem telah membantu dalam proses administrasi, meningkatkan ketertiban dokumen, serta mempercepat proses layanan. Meskipun demikian, terdapat beberapa masukan untuk peningkatan fitur layanan serta penyempurnaan tampilan antarmuka. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa sistem informasi LFMS telah memberikan dampak positif terhadap proses bisnis pengadaan tanah dan dinilai mampu memenuhi kebutuhan pengguna. Peneliti menyarankan agar pengembangan sistem terus dilakukan, terutama dalam meningkatkan aspek performa sistem, guna menunjang proses digitalisasi layanan publik yang lebih optimal ke depannya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.25.0052 |
Uncontrolled Keywords: | Sistem Informasi, Kepuasan Pengguna, LFMS, PIECES Framework, Pengadaan Tanah |
Subjects: | Skripsi S1 > Sistem Informasi |
Divisions: | Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1) |
Depositing User: | Mr Bima Afrizal Bashar Bain |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 03:02 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 03:02 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |