PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI

Alpariji, Abdul (2025) PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY DALAM TRANSFORMASI DIGITAL PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI. Skripsi thesis, Sangga Buana YPKP.

[img] Text
cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (174kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (315kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (137kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (232kB)
[img] Text
Full Skripsi.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (213kB)
[img] Text
Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (127kB)

Abstract

Transformasi digital di bidang pendidikan mendorong pemanfaatan teknologi inovatif seperti Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan kualitas pembelajaran, khususnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Penelitian ini bertujuan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis AR yang interaktif dan ramah anak, mencakup materi pengenalan pengenalan dasar, serta permainan edukatif yang menarik dan adaptif terhadap karakteristik peserta didik usia dini. Metode pengembangan yang digunakan adalah Extreme Programming (XP), yang terdiri dari tahapan perencanaan, desain, pengkodean, dan pengujian. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru PAUD serta studi pustaka. Evaluasi aplikasi dilakukan melalui uji fungsional dan penyebaran kuisioner kepada guru dan orang tua murid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi berjalan dengan baik secara teknis dan mendapat tanggapan positif. Hasil kuisioner menunjukkan skor kemudahan penggunaan sebesar 82,5%, efektivitas fitur pembelajaran 80,8%, dan daya tarik visual-audio sebesar 79,2%. Guru juga menyatakan bahwa aplikasi ini memperkaya metode pembelajaran mereka serta meningkatkan keterlibatan anak dalam proses belajar. Kesimpulannya, aplikasi AR ini berhasil mendukung transformasi digital pembelajaran di PAUD dengan menyajikan media yang interaktif, edukatif, dan sesuai dengan kebutuhan anak. Peneliti selanjutnya disarankan peningkatan kualitas permainan edukatif, dan mengembangkan aplikasi untuk versi desktop. Kata Kunci: Augmented Reality, Pendidikan Anak Usia Dini, Aplikasi Pembelajaran, Transformasi Digital, Extreme Programming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0050
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Pendidikan Anak Usia Dini, Aplikasi Pembelajaran, Transformasi Digital, Extreme Programming
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Abdul Alpariji
Date Deposited: 22 Sep 2025 01:49
Last Modified: 22 Sep 2025 01:49
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item