ANALISIS TANAH DASAR MELALUI PENGUJIAN DCP UNTUK PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PERUMAHAN BERSUBSIDI DIDAERAH SANDING MALANGBONG KAB. GARUT

udin, jamal (2025) ANALISIS TANAH DASAR MELALUI PENGUJIAN DCP UNTUK PERENCANAAN TEBAL PERKERASAN LENTUR PERUMAHAN BERSUBSIDI DIDAERAH SANDING MALANGBONG KAB. GARUT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (100kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN DAN PENGUJIAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (788kB)
[img] Text
Abstrak-1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (172kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (230kB)
[img] Text
Skripsi full jamaludin_2112191212.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (169kB)
[img] Text
surat keterangan cek plagiarisme_jamaludin.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (639kB)

Abstract

Semua bangunan sipil berdiri atau dibangun di atas tanah dasar, dan karena kestabilan dan keamanannya tergantung pada kestabilan daya dukung tanah dasarnya. Jadi, tanah itu mempunyai peranan yang sangat penting pada suatu konstruksi bangunan sipil, seperti konstruksi perkerasan jalan raya. Dengan pesatnya perkembangan di bidang transportasi, maka pengetahuan dibidang transportasi harus terus digali dan dikembangkan, begitu pula pengetahuan tentang perencanaan perkerasan jalan khususnya perkerasan lentur (Flexible Pavement) yang sampai saat ini masih memiliki nilai ekonomis yang lebih baik dan lebih umum digunakan. Dalam merencanakan perkerasan lentur, banyak metode yang bisa dipakai diantaranya, Metode AASHTO 1993, Metode Bina Marga dan standar-standar lain yang dikeluarkan oleh tiap Negara. Dalam Tugas Akhir ini akan ditinjau khusus Metode Bina Marga No. 01/PD/B/1983 untuk penentuan tebal lapisan perkerasan lentur jalan raya. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kekuatan tanah dasar dalam bentuk nilai California Bearing Ratio (CBR) yang digunakan untuk menentukan tebal perumahan bersupsidi didaerah sanding malambong kab. Garut, selain itu juga bertujuan untuk mendapatkan nilai berat isi tanah kering (γd) untuk menilai kepadatan di lapangan, apakah tanah dasar di lokasi penelitian tersebut sudah layak/sudah padat. Nilai CBR tersebut didapat dari data pengujian dengan menggunakan alat Dynamic Cone Penetrometer (DCP). Kata kunci : Dynamic Cone Penetrometer (DCP), California Bearing Ratio (CBR), Metode AASHTO 1993, konstruksi perkerasan jalan raya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0045
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Dynamic Cone Penetrometer (DCP), California Bearing Ratio (CBR), Metode AASHTO 1993, konstruksi perkerasan jalan raya
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Mr Jamal udin
Date Deposited: 02 Sep 2025 03:02
Last Modified: 02 Sep 2025 03:02
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6319

Actions (login required)

View Item View Item