SISTEM PENGHARGAAN KEPADA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI DI DIVISI SHARED SERVICE OPERATION FINANCE PT. TELKOM INDONESIA

NURMANDITYA, MUHAMAD IQBAL (2022) SISTEM PENGHARGAAN KEPADA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI DI DIVISI SHARED SERVICE OPERATION FINANCE PT. TELKOM INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
4. Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (20kB)
[img] Text
5. Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (10kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (59kB)
[img] Text
1. SISTEM PENGHARGAAN KEPADA KARYAWAN MENGGUNAKAN METODE GAMIFIKASI DI DIVISI SHARED SERVICE OPERATION FINANCE PT. TELKOM INDONESIA.docx - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (11MB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (102kB)

Abstract

Kegiatan yang ada di Divisi Shared Service Operation Finance (SSOF) setiap karyawan tidak tercatat telah mengikuti kegiatan apa saja yang memungkinkan karyawan untuk mendapatkan penghargaan. Bagaimana mendesain sistem metode gamifikasi untuk memberikan penghargaan kepada karyawan serta sistem yang bisa mencatat kegiatan yang diikuti oleh karyawan. Menggunakan metode Gamifikasi, yaitu sebuah proses penggabungan aturan dalam game yaitu pola, rancangan, dan mekanika game yang bertujuan mengubah kegiatan non-game agar menjadi jauh lebih menarik bagi pengguna. Menggunakan validasi kuesioner dengan skala likert serta perhitungan sampel slovin yang dengan pengujian uji validasi pearson dan uji reliabilitas Chronbach''s Alpha dengan pengolahan End-User Computing Satisfaction (EUCS). Sistem berjalan sesuai dengan rumusan masalah yaitu bagaimana menerapkan konsep Gamifikasi yang terdiri dari beberapa elemen seperti: 1) point sebagai nilai tukar dalam sistem, 2) Experience point, 3) kegiatan, 4) Leaderboards. Dengan adanya Sistem tersebut dapat membantu meningkatkan rasa ikut serta dan keaktifan karyawan karena Terciptanya sistem pencatatan yang sistematis. Kata Kunci: Gamifikasi, Sitem Penghargaan Karyawan, End-User Computing Satisfaction (EUCS)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STF.22.0040
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Gamifikasi, Sitem Penghargaan Karyawan, End-User Computing Satisfaction (EUCS)
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Informatika
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: mr user unggah
Date Deposited: 16 Jul 2025 06:58
Last Modified: 16 Jul 2025 06:58
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5940

Actions (login required)

View Item View Item