ANALISIS DAN OPTIMASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK BINA WARGA 2 KOTA BOGOR

Ernesto Meba, Leonardo (2025) ANALISIS DAN OPTIMASI ALGORITMA C4.5 UNTUK MEMPREDIKSI PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK BINA WARGA 2 KOTA BOGOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (162kB)
[img] Text
Pengesahan_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (274kB)
[img] Text
Orisinalitas_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text
Abstrak_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (177kB)
[img] Text
Bab1_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (204kB)
[img] Text
Skripsi_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DaftarPustaka_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (201kB)
[img] Text
PlagiarismeCek_Leonardo Ernesto Meba_2116237001.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (319kB)

Abstract

Prestasi belajar siswa merupakan indikator penting dalam menentukan kualitas pendidikan di sebuah lembaga. Namun, proses identifikasi siswa dengan potensi prestasi rendah sering kali menghadapi kendala, seperti kurangnya sistem yang mendukung analisis data secara menyeluruh. Di SMK Bina Warga 2 Kota Bogor, data siswa yang tersedia belum dimanfaatkan secara optimal untuk memprediksi prestasi belajar, sehingga intervensi yang diberikan kurang efektif. Oleh karena itu, diperlukan pendekatan yang mampu meningkatkan akurasi prediksi prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan algoritma C4.5 untuk membangun model prediksi prestasi belajar siswa berdasarkan data historis yang mencakup nilai akademik, tingkat kehadiran, dan perilaku belajar. Metodologi penelitian melibatkan pengumpulan data dari sumber internal sekolah, preprocessing data untuk meningkatkan kualitas dataset, serta penerapan algoritma C4.5 dengan parameter yang teroptimasi. Hasil model diuji menggunakan metrik evaluasi seperti akurasi, presisi, dan recall untuk memastikan keandalannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma C4.5 mampu menghasilkan pohon keputusan yang efektif untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang paling memengaruhi prestasi belajar siswa. Model yang dihasilkan memiliki akurasi prediksi sebesar 87%, dengan kehadiran dan nilai akademik sebagai atribut utama. Analisis lebih lanjut menunjukkan bahwa optimasi pada parameter algoritma meningkatkan kinerja model secara signifikan dibandingkan pengaturan default. Kesimpulannya, penerapan algoritma C4.5 yang teroptimasi dapat mendukung proses prediksi prestasi belajar siswa di SMK Bina Warga 2 Kota Bogor secara lebih akurat dan efisien. Penelitian di masa depan diharapkan dapat mengeksplorasi integrasi algoritma lain atau penerapan hybrid untuk meningkatkan performa prediksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SSI.25.0003
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Mr Leonardo Ernesto Meba
Date Deposited: 12 Jul 2025 03:44
Last Modified: 12 Jul 2025 03:44
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5609

Actions (login required)

View Item View Item