PERENCANAAN GEOMETRIK ON RAMP TOL DALAM KOTA (STUDI KASUS TOL PELABUHAN BARU MAKASSAR)

ADITYA NURFIRDAUS, DIMAS (2025) PERENCANAAN GEOMETRIK ON RAMP TOL DALAM KOTA (STUDI KASUS TOL PELABUHAN BARU MAKASSAR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (138kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (71kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
Full Tugas Akhir Dimas Aditya Nurfirdaus - 2112197061_watermark.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (664kB)
[img] Text
hasil cek plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (112kB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji perencanaan geometrik on ramp sebagai akses penghubung langsung antara Pelabuhan Baru Makassar dan tol dalam kota. Peningkatan aktivitas logistik dan volume kendaraan berat, khususnya truk petikemas, telah menimbulkan tantangan dalam mengelola kemacetan pada jalur arteri. Oleh karena itu, desain on ramp yang optimal dengan mempertimbangkan lebar lajur, panjang lajur percepatan, dan radius tikungan menjadi sangat penting untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas dan meningkatkan efisiensi transportasi. Metode penelitian ini meliputi pengumpulan data primer dan sekunder, Dimana mencakup perhitungan alinyemen horizontal dan vertikal serta perencanaan penampang melintang menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan radius tikungan Spiral Circle to Spiral (SCS) sebesar 110 meter dan Full Circle (FC) sebesar 800 meter dapat mengakomodasi truk petikemas lima as secara optimal. Rekomendasi desain yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan infrastruktur tol yang lebih efisien dan berkelanjutan di masa depan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0024
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Perencanaan Geometrik, On Ramp, Tol Dalam Kota.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mr Dimas Aditya Nurfirdaus
Date Deposited: 27 May 2025 02:58
Last Modified: 27 May 2025 02:58
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5439

Actions (login required)

View Item View Item