ANALISA PERBANDINGAN PONDASI TIANG PANCANG DENGAN TIANG BOR PADA PERENCANAAN OVERPASS SIMPANG TIDAK SEBIDANG Jl. OTO ISKANDARDINATA (SUKABUMI)

Thalita Fahri, Nadya (2025) ANALISA PERBANDINGAN PONDASI TIANG PANCANG DENGAN TIANG BOR PADA PERENCANAAN OVERPASS SIMPANG TIDAK SEBIDANG Jl. OTO ISKANDARDINATA (SUKABUMI). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
0.1COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49kB)
[img] Text
0.2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (80kB)
[img] Text
0.3PERNYATAAN PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text
0.4ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text
0.5BAB1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (180kB)
[img] Text
0.6SKRIPSI FULL WATERMARK.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
0.7DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (93kB)
[img] Text
0.8SURAT KETERANGAN HASIL PLAGIARISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (276kB)

Abstract

Pondasi merupakan struktur bagian bawah dari konstruksi bangunan yang berhubungan langsung dengan tanah dan berfungsi sebagai pemikul beban bangunan dari atas dan akan menyalurkannya ke dalam tanah. Pondasi mempunyai pengaruh besar dalam konstruksi bangunan. Sehingga pondasi harus direncanakan dengan teliti, agar pondasi mampu memikul beban hingga batas keamanan yang telah ditentukan dan juga mendukung beban maksimum yang mungkin terjadi. Jika kekuatan tanah dilampaui, maka penurunan yang berlebihan dan keruntuhan dari tanah akan terjadi. Berdasarkan kedalaman tertanamnya pondasi di dalam tanah, pondasi dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu pondasi dalam dan pondasi dangkal. Dalam hal ini akan dilakukan analisa komparatif yang membandingkan besar daya dukung tiang, biaya dan waktu dari penggunaan pondasi dalam yang direncanakan dalam pembuatan pondasi abutmen jembatan Overpass Simpang Tidak Sebidang Jl. Oto Iskandardinata (Sukabumi). Adapun tinjauan yang akan dilakukan yakni pada pondasi jenis tiang pancang (Spun Pile) dan tiang bor (Borepile). Hasil analisa yang dapat diambil dari analisa ini adalah tiang pancang (spunpile) memiliki nilai daya dukung yang lebih rendah yaitu 308,24 – 421,301 ton dibanding tiang bor (boredpile) yaitu 310,33 – 313,75 ton dan tiang pancang (spunpile) memiliki nilai pekerjaan yang lebih murah yaitu Rp. 1.482.629.271,81 dibanding tiang bor (boredpile) yaitu Rp. 1.627.741.446,85. Kata Kunci : stabilisasi tanah, tiang pancang, Borepile, daya dukung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0017
Uncontrolled Keywords: daya dukung pondasi
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mrs Nadya Fahri
Date Deposited: 07 May 2025 06:44
Last Modified: 07 May 2025 06:44
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5425

Actions (login required)

View Item View Item