REPRESENTASI PERUNDUNGAN DALAM BUKU FOTO (Penelitian Kualitatif Pendekatan Semiotika Roland Barthes Pada Buku Foto “BULLY” Karya Nissa Rengganis, Tony Handoko dan Wanggi Hoed)

Astono, Rizky andika dwi (2024) REPRESENTASI PERUNDUNGAN DALAM BUKU FOTO (Penelitian Kualitatif Pendekatan Semiotika Roland Barthes Pada Buku Foto “BULLY” Karya Nissa Rengganis, Tony Handoko dan Wanggi Hoed). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI revisi done WM.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
PLAGIARISME WM.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Perundungan Dalam Buku Foto (Penelitian Kualitatif Pendekatan Semiotika Roland Barthes Pada Buku Foto BULLY Karya Nissa Rengganis, Tony Handoko, dan Wanggi Hoed)”. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi serta memahami makna perundungan yang ingin disampaikan melalui kumpulan foto dalam buku tersebut. Perundungan merupakan isu yang kompleks dan sering kali tersembunyi dalam lapisan-lapisan interaksi sosial, sehingga penelitian ini berupaya membongkar cara visualisasi dalam buku foto tersebut menyampaikan pesan terkait perilaku perundungan. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis yang diadopsi adalah semiotika Roland Barthes, yang secara khusus berfokus pada tiga tingkatan analisis makna: denotasi (makna literal), konotasi (makna tersirat), dan mitos (makna yang lebih luas dan terkait dengan budaya). Melalui pendekatan ini, penelitian mengeksplorasi bagaimana foto-foto dalam buku BULLY karya Nissa Rengganis, Tony Handoko, dan Wanggi Hoed tidak hanya menggambarkan kejadian perundungan secara langsung, tetapi juga memuat pesan-pesan sosial yang lebih dalam mengenai dampak serta bahaya perundungan dalam kehidupan sehari-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku foto BULLY memuat pesan yang kuat mengenai bahaya perilaku perundungan, terutama dampaknya yang sangat merusak kesehatan mental korban. Penelitian juga menemukan bahwa fenomena perundungan tidak hanya melibatkan satu pihak sebagai pelaku atau korban, melainkan sering kali menjadi pola interaksi yang berulang di berbagai lapisan masyarakat. Buku ini berfungsi sebagai media edukasi yang dapat menyadarkan pembaca bahwa perundungan adalah masalah serius yang harus dihentikan. Salah satu pesan utama yang diangkat dalam buku ini adalah pentingnya kampanye "Stop Bullying" untuk menciptakan kesadaran dan perubahan sikap terhadap perilaku perundungan, yang kerap kali dianggap lumrah dalam budaya sosial. Kata kunci: Semiotika, Perundungan, Buku Foto, Makna foto, Roland Barthes, Stop Bullying

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.24.0093
Uncontrolled Keywords: Semiotika, Perundungan, Buku Foto, Makna foto, Roland Barthes, Stop Bullying
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Rizky Andika Dwi Astono Astono
Date Deposited: 29 Nov 2024 10:37
Last Modified: 29 Nov 2024 10:37
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4901

Actions (login required)

View Item View Item