PENURUNAN MATERIAL KONSTRUKSI ABUTMEN PELINDUNG PILAR AKIBAT PENGARUH ARUS ALIRAN SUNGAI CIGEDE

Rohendi, Rohendi (2022) PENURUNAN MATERIAL KONSTRUKSI ABUTMEN PELINDUNG PILAR AKIBAT PENGARUH ARUS ALIRAN SUNGAI CIGEDE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
LEMBAR PENGEAHAN DAN ASISTENSI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (650kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (634kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi Teten Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Abutmen adalah bangunan bawah jembatan yang terletak pada kedua ujung jembatan, berfungsi sebagai pemikul seluruh beban hidup (angin, kendaraan, dll) dan beban mati (beban gelagar, dll) pada jembatan. bagian konstruksi jembatan yang terletak di tepi sungai yang merupakan pangkal jembatan yang berfungsi sebagai tumpuan beban jembatan. Walaupun terletak di tepi sungai, dasarsungai di sekitar abutmen dapat pula mengalami gerusan yang diakibatkan oleh perubahan pola aliran, karena struktur abutmen selalu berhubungan langsung dengan aliran sungai. Jembatan yang melintas di atas suatu sungai mempengaruhi karakteristik aliran, yang diakibatkan terhambatnya aliran akibat adanya abutmen jembatan. Sungai terutama ruas sungai yang mengalir di atas lapisan alluvial merupakan suatu sistem yang dinamik. Sungai selalu memberikan respon terhadap aktivitas alami dan manusia guna mencapai kondisi keseimbangan baru. Perubahan tersebut dapat berupa agradasi atau degradasi dasar sungai, gerusan tebing dan gerusan lokal. Dari hasil analisis data penelitian didapat nilai debit maksimum (Q) adalah sebesar 0.0010 m³/det, nilai kecepatan maksimum (V) sebesar 0,0549 m/det, nilai energi spesifik (Es) adalah sebesar 0,7862 m, menyebabkan gerusan maksimum (ds) sebesar 0,0301 m. Kata kunci : kecepatan aliran, bilangan froude, gerusan lokal, bendung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: ST1.22.0072
Uncontrolled Keywords: kecepatan aliran, bilangan froude, gerusan lokal, bendung
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 28 Nov 2024 03:41
Last Modified: 28 Nov 2024 03:41
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4817

Actions (login required)

View Item View Item