ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI SMK PEKERJAAN UMUM NEGERI BANDUNG MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS

GICA SHIFARANI, MALDHITA (2024) ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN DI SMK PEKERJAAN UMUM NEGERI BANDUNG MENGGUNAKAN METODE SERVICE QUALITY DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (58kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (129kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (258kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (49kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (208kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (168kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan di SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung dengan menggunakan metode Service Quality (SERVQUAL) dan Importance Performance Analysis (IPA). Metode SERVQUAL digunakan untuk mengukur persepsi dan harapan terhadap kualitas pelayanan berdasarkan lima dimensi: tangibles (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Selain itu, Importance Performance Analysis (IPA) digunakan untuk mengidentifikasi atribut-atribut yang perlu ditingkatkan berdasarkan tingkat kepentingan dan kinerja saat ini. Penelitian ini melibatkan 223 responden yang terdiri dari siswa dan alumni SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung. Hasil analisis menunjukkan adanya gap antara persepsi dan harapan pada dimensi tangible (sarana dan prasarana) dengan nilai gap (-0.05), dimensi responsiveness (administrasi) dengan gap (-0.04), dan dimensi empathy (staf administrasi) dengan gap (-0.15). Metode IPA juga menunjukkan atribut-atribut yang perlu ditingkatkan meliputi ketersediaan dan kondisi fasilitas belajar, kecepatan serta ketepatan layanan administrasi, dan keterampilan serta kompetensi guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan di SMK Pekerjaan Umum Negeri Bandung sudah baik, namun terdapat beberapa atribut yang perlu ditingkatkan, terutama pada dimensi reliability dan responsiveness. Saran yang diberikan antara lain adalah peningkatan fasilitas fisik, peningkatan kinerja layanan administrasi, serta pelatihan berkelanjutan bagi guru untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan mengajar. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Service Quality, Importance Performance Analysis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STI.24.0010
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Service Quality dan Importance Performance Analysis
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Mrs Maldhita Gica Shifarani
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:16
Last Modified: 01 Oct 2024 06:16
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

View Item View Item