APRILLIANI, SILVI (2024) ANALISIS TEBAL PERKERASAN PADA PENINGKATAN RUAS JALAN CIMALAKA-CIPADUNG DENGAN METODE MANUAL DESAIN PERKERASAN JALAN 2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.
Text
1. Cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (31kB) |
|
Text
2. Lembar pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (386kB) |
|
Text
3. Lembar pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (196kB) |
|
Text
4. Abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (150kB) |
|
Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (121kB) |
|
Text
6. Skripsi Full.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
7. Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (152kB) |
|
Text
8. Surat keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (159kB) |
Abstract
Perkembangan infrastruktur jalan menjadi suatu kebutuhan mendesak dalam mendukung pertumbuhan perkotaan dan perekonomian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang perkerasan jalan menggunakan Perkerasan kaku pada ruas jalan Cimalaka – Cipadung. Fokus utama penelitian ini adalah mengoptimalkan keberlanjutan struktural dan fungsional jalan tersebut. Penelitian ini melibatkan survei lapangan untuk mengumpulkan data topografi, pembebanan lalu lintas, dan kondisi tanah. Dengan Metode analisis spesifik menggunakan Manual Desain Perkerasan Jalan Tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan desain perkerasan jalan yang memenuhi standar teknis dan keamanan. Analisis ekonomi dilakukan untuk memastikan keberlanjutan proyek, dengan mempertimbangkan biaya konstruksi dan pemeliharaan jangka panjang. Hasil penelitian pada studi kasus Jalan Cimalaka Kabupaten Sumedang, ruas jalan Cimalaka-Cipadung Sta. 00+000 sampai 02+500 dengan metode Manual Desain Perkerasan Jalan 2024 didapat tebal pelat beton sebesar 30 cm lapis fondasi bawah berupa lean mix concrete setebal 10 cm dan tebal lapis fondasi agregat kelas A sebesar 20 cm. :Sambungan Dowel berdiameter 35 mm, Panjang 450 mm dan jaraak 300 mm. Sambungan memanjang batang pengikat tie bar berdiameter 12 mm dengan jarak 300 mm tulangan melintang berdiameter 12 mm dengan jarak 300 mm. Dengan dimensi Saluran Drainase: tebal 50 cm dan tinggi 50 cm. Serta perkiraan biaya yang dibutuhkan untuk kebutuhan konstruksi peningkatan ruas jalan Cimalaka- Ciapadung. Implementasi penggunaan perkerasan kaku diharapkan dapat meningkatkan daya tahan terhadap beban lalu lintas dan kondisi lingkungan yang beragam. Hasil penelitian ini dapat menjadi landasan bagi pengambil keputusan, insinyur, dan pihak terkait dalam pengembangan infrastruktur jalan yang berkelanjutan dan efisien di wilayah Cimalaka–Cipadung serta wilayah sejenis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.24.0037 |
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan jalan, Perkerasan Kaku, MDP 2024. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | Silvi Silvi Aprilliani |
Date Deposited: | 18 Sep 2024 10:24 |
Last Modified: | 18 Sep 2024 10:24 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4377 |
Actions (login required)
View Item |