Pratama, Bima (2024) POLA KOMUNIKASI VIRTUAL ANTAR GAMERS MELALUI APLIKASI DISCORD (Studi Kasus Pada Komunitas Roshan Pit Game Dota 2). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (30kB) |
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) |
|
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI BIMA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
Text
plagiarisme.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (128kB) |
Abstract
ABSTRAK Komunikasi virtual menjadi elemen penting dalam dunia game online, terutama dalam game kompetitif seperti Dota 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola komunikasi virtual antar gamers melalui aplikasi Discord, dengan studi kasus pada komunitas Discord Roshan Pit Dota 2. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan data yang dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi dalam komunitas ini didominasi oleh penggunaan voice chat untuk koordinasi selama permainan, sementara text chat digunakan untuk diskusi di luar permainan. Penggunaan Discord terbukti efektif dalam mendukung strategi permainan dan memperkuat ikatan sosial antar anggota komunitas. Namun, beberapa tantangan, seperti masalah teknis (lagging) dan perbedaan waktu, dapat mengganggu kualitas komunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa discord merupakan platform komunikasi yang sangat efektif untuk komunitas game online seperti Roshan Pit, karena fitur-fitur yang disediakan mampu mendukung interaksi yang dinamis dan real-time. Untuk memaksimalkan potensi komunikasi, disarankan agar komunitas ini mengoptimalkan penggunaan fitur Discord dan meningkatkan stabilitas teknis.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | SIK.24.0056 |
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi Virtual, Pola Komunikasi Discord, Dota 2, Komunitas Gamers |
Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Mr. Bima Putra Pratama |
Date Deposited: | 10 Sep 2024 06:47 |
Last Modified: | 10 Sep 2024 06:47 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4316 |
Actions (login required)
View Item |