ANALISIS STABILITAS LERENG MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS DAN GEOSLOPE-W (STUDI KASUS RUAS JALAN CISOMANG – PADALARANG STA 30+500)

REVI SEKAR ASIH, SEKAR ASIH (2023) ANALISIS STABILITAS LERENG MENGGUNAKAN PROGRAM PLAXIS DAN GEOSLOPE-W (STUDI KASUS RUAS JALAN CISOMANG – PADALARANG STA 30+500). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (750kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (625kB)
[img] Text
Revi Sekar Asih_2112191032_Tugas Akhir Stabilitas Lereng.pdf

Download (4MB)

Abstract

Lereng adalah suatu bidang yang memiliki ketetapan dan potensi terjadinya gelincir jika dalam keadaan tidak stabil. Kondisi ini perlu diperhatikan karena dapat menimbulkan kerugian seperti kerusakan infrastruktur. Untuk itu stabilitas suatu lereng harus sedemikian rupa sehingga kekuatan geser lereng dan faktor keamanannya diketahui. Berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan analisis stabilitas lereng Jalan Cisomang Padalarang Sta 30+500. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan faktor keamanan lereng dengan membandingkan dua program yaitu Plaxis dan Geoslope-w. Pada penelitian ini data yang diambil berupa data topografi tanah, data borlog juga data laboratorium untuk mengetahui karateristik tanah. Analisis Stabilitas Lereng ini dengan menggunakan metode FEM (Finite Element Methode) untuk aplikasi Plaxis dan metode LEM (Limite Element Methode) untuk aplikasi Geoslope-w. Hasil analisis stabilitas lereng menggunakan aplikasi Plaxis dengan beban bangunan Kelas I=12,5 kN/m mendapatkan nilai safety factor sebesar (1,299). Dan untuk beban bangunan kelas II= 10,0 kN/m didapatkan nilai factor keamanan sebesar (1,300). Sedangkan Untuk aplikasi Geoslope-w nilai factor keamanan yang didapatkan untuk beban bangunan Kelas I =12,5 kN/m sebesar (1,330) dan beban bangunan kelas II =10 kN/m didapatkan nilai factor keamanan sebesar sebesar (1,317). Sekalipun kedua nilai faktor keamanan kurang dari nilai yang ditetapkan, perbedaannya tidak terlalu besar. Diharapkan penelitian ini dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang kemantapan lereng dan membandingkan kelebihan dan kekurangan metode LEM dan FEM dalam menganalisis kemantapan lereng. Dengan pemahaman yang lebih baik, pembangunan infrastruktur jalan di daerah perbukitan dapat dilakukan dengan cara yang lebih aman dan berkelanjutan, sehingga mengurangi risiko yang terkait dengan lereng yang tidak stabil. Keywords: Stabilitas Lereng, Plaxis, Geoslope-w, Nilai Safety Factor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.23.0054
Uncontrolled Keywords: Stabilitas Lereng, Plaxis, Geoslope-w, Nilai Safety Factor.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 29 Aug 2024 08:17
Last Modified: 29 Aug 2024 08:17
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4089

Actions (login required)

View Item View Item