IDENTIFIKASI POSTUR KERJA PADA PENGGUNA E-SPORT UNTUK MENGURANGI RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DAN NASA-TLX

Sasayusa, Adha (2024) IDENTIFIKASI POSTUR KERJA PADA PENGGUNA E-SPORT UNTUK MENGURANGI RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDS) MENGGUNAKAN METODE NORDIC BODY MAP (NBM) DAN NASA-TLX. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (768kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (860kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
DRAFT SKRIPSI SASAYUSA ADHA TO FINAL XX.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (212kB)

Abstract

Pada era modern saat ini perkembangan informasi dan teknologi yang begitu cepat. Salah satunya adalah pengunaan alat elektronik. Kemajuan penggunaan aplikasi pada perangkat elektronik juga memberikan pengaruh pada dunia olahraga yaitu E-sports. E-sport atau olahraga elektronik, telah menjadi fenomena global yang pesat dalam beberapa tahun terakhir. Ini melibatkan kompetisi video game yang serius antara atlet profesional di berbagai platform dan genre game. Para pengguna E-sports dikenal karena tingkat keterampilan dan kognisi yang tinggi, serta kebutuhan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental mereka agar tetap berkinerja optimal. Namun, seperti olahraga lainnya, atlet E-sports juga rentan terhadap cedera atau masalah kesehatan. Salah satu masalah kesehatan yang umum terjadi adalah Musculoskeletal Disorders (MSDS) atau gangguan muskuloskeletal Menggunakan Metode Nordic Body Map (NBM) dan NASA-TLX. MSDs adalah kondisi yang mempengaruhi otot, tulang, sendi, dan jaringan lunak tubuh, yang disebabkan oleh berbagai faktor termasuk kelelahan, ketegangan berlebihan, postur yang buruk, dan aktivitas yang repetitif. Selain mengakibatkan kelelahan pada fisik e-sport juga memberikan pengaruh pada beban mental pengguna. Berdasarkan identifikasi MSDs pada pengguna e-sport, lebih dari 75% mengalami keluhan tinggi pada bagian leher atas, leher bawah, punggung, pinggang, bokong, pantat, pergelangan tangan bawah kiri dan kanan. 50% mengalami keluhan sedang pada lengan bawah kiri dan kanan serta tangan kiri dan kanan. Beberapa bagian tubuh lainnya masuk dalam kategori keluhan rendah. Pengukuran beban kerja mental dengan metode NASA-TLX menunjukkan bahwa 10,41% pengguna merasakan beban sangat tinggi, 66,67% merasakan beban tinggi, dan 21,74% merasakan beban agak tinggi. Rata-rata, pengguna e-sport membutuhkan aktivitas mental kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: NBM, MSDs, NASA-TLX, E-Sport.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Industri
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 18 Jul 2024 04:10
Last Modified: 18 Jul 2024 04:10
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3966

Actions (login required)

View Item View Item