KAJIAN ALTERNATIF JALAN TAMBANG DI KABUPATEN BOGOR

Firmansyah, Fahnaz Arya (2024) KAJIAN ALTERNATIF JALAN TAMBANG DI KABUPATEN BOGOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (81kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN PENGUJI.pdf

Download (107kB)
[img] Text
3. SURAT PERNYATAAN KEABSAHAN.pdf

Download (162kB)
[img] Text
5. ABSTRACT.pdf

Download (220kB)
[img] Text
8. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (144kB)
[img] Text
skripsi full.pdf

Download (13MB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

Berdasarkan KepMen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018, geometri jalan tambang harus sesuai dengan peraturan yang ada dengan tujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan jalan tambang. Area penelitian difokuskan pada area pit karena jalan pada area pit masih berupa tanah sehingga lebih rentan terhadap perubahan daripada jalan utama yang sudah berupa beton. Pada penelitian ini membahas terkait hubungan geometri jalan dengan keselamatan kerja pada pertambangan. Kajian geometri jalan tambang mengacu pada AASHTO dan acuan standar keamanan jalan tambang menggunakan KepMen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018. Pemantauan geometri jalan tambang dilakukan menggunakan metode foto udara untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja. Geometri jalan meliputi lebar jalan, kemiringan jalan (grade), kemiringan melintang dan superelevasi jalan. Pengambilan data geometri jalan menggunakan metode foto udara, dari data foto udara tersebut didapatkan data orthophoto dan DEM (Digital Elevation Model) untuk mendapatkan data koordinat dan elevasi. Pengolahan dilanjutkan dengan melakukan perhitungan berdasarkan teori AASHTO, setelah didapatkan data geometri jalan kemudian dilakukan analisis kesesuaian dengan standar yang ada pada KepMen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018. Hasil dari penelitian didapatkan tingkat kesesuaian parameter kemiringan (grade) sebesar 68.2% memenuhi standar, tingkat kesesuaian parameter lebar sebesar 58.5% memenuhi standar, tingkat kesesuaian parameter kemiringan melintang 79.4% memenuhi standar, dan tingkat kesesuaian parameter superelevasi adalah 50% memenuhi standar. Kata Kunci : KepMen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018, kemiringan (grade), kemiringan melintang, lebar, superelevasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.24.0026
Uncontrolled Keywords: KepMen ESDM No 1827 K/30/MEM/2018, kemiringan (grade), kemiringan melintang, lebar, superelevasi.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 08 Jul 2024 06:20
Last Modified: 08 Jul 2024 06:20
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3919

Actions (login required)

View Item View Item