RUBYEN, SYAH (2024) ANALISIS FENOMENA KONDENSASI PADA SALOON LIGHT RAIL VEHICLE PT LRT JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (215kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (379kB) |
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (419kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (188kB) |
|
Text
BAB 1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (399kB) |
|
Text
SURAT CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (481kB) |
|
Text
TUGAS AKHIR FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (286kB) |
Abstract
Dalam Standar Pelayanan Minimal yang ditentukan oleh Peraturan Gubernur No 95 Tahun 2019 didalamnya terdapat standar suhu kenyamanan penumpang yang harus dipatuhi oleh operator kereta sendiri. Dengan indikator suhu antara 24.9°C – 28.0°C pihak LRT Jakarta dalam pengoperasian kereta harus memenuhi standar yang ditentukan tersebut agar dapat dikategorikan layak dan lolos SPM. Akan tetapi dikarenakan suhu ruangan luar dan dalam kabin penumpang terjadi perbedaan yang cukup signifikan pada siang hari berkisar 5-12 derajat, maka terjadilah kenaikan kelembapan di dalam ruang penumpang sehingga sering terjadinya tetesan air di lantai penumpang atau kondensasi yang tidak terkontrol. Penelitian ini dilakukan berdasarkan pengamatan yang dilakukan sehari-hari oleh awak sarana perkeretaapian yang berdinas di mainline. Kenaikan kelembaban terjadi ketika kereta menunggu penumpang di stasiun ujung (Pegangsaan Dua/ Velodrome) dikarenakan udara luar masuk bebas kedalam kereta. Perbedaan kandungan air ruang luar dengan dalam kereta mempengaruhi tanda-tanda keluarnya kondensasi dengan toleransi sebesar 10 gram/m3. Perbedaan jarak suhu antara udara di dalam kereta dengan udara luar jika melebihi dalam toleransi 5°C dapat mempengaruhi indikasi timbulnya kondensasi. Pengaruh suhu dan kelembaban dapat mempengaruhi kapasistas maksimal kandungan air di udara sehingga untuk menghindari indikasi kondensasi diperlukan pengaturan suhu yang sesuai. Dari konsumsi daya SIV yang tercatat menunjukkan bahwa pengaturan suhu yang tepat terhadap kondisi suhu luar ruangan, ini mengakibatkan perbedaan suhu yang tidak terlalu besar sehingga dapat digunakan untuk efisiensi konsumsi daya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.24.0019 |
Uncontrolled Keywords: | Udara Kondensasi dan Kelembaban |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | mr Syah Rubyen |
Date Deposited: | 19 Jun 2024 03:38 |
Last Modified: | 19 Jun 2024 03:38 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3789 |
Actions (login required)
View Item |