ANALISIS IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DIVISI SERVICE AUTO2000 ASIA AFRIKA BANDUNG

Fadilah, Nadia Nur (2022) ANALISIS IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA MASA PANDEMI COVID-19 DIVISI SERVICE AUTO2000 ASIA AFRIKA BANDUNG. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf

Download (791kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf

Download (167kB)
[img] Text
6. BAB I.pdf

Download (526kB)
[img] Text
FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)

Abstract

Diera digitalisasi persaingan bisnis semakin ketat, sehingga perusahaan harus dapat beradaptasi dan menerapkan strategi yang tepat agar bertahan dalam situasi apapun termasuk pada situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Selain itu, perusahaan juga perlu menjaga hubungan baik dengan pelanggan atau disebut juga Customer Relationship Management (CRM) untuk menciptakannya loyalitas pelanggan. Karena, pelanggan yang memiliki loyalitas akan meningkatkan pendapatan, keuntungan dan tercapainya tujuan perusahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode triangulasi yaitu wawancara secara langsung kepada informan kunci, serta observasi dan dokumentasi secara langsung di kantor Auto2000 Asia Afrika Bandung. Dengan teknik analisis data di lapangan dengan reduksi data, tampilan data, verifikasi dan teknik analisis keabsahan data dengan uji coba, Transferability, dan konfirmability. Bentuk implementasi Customer Relationship Management (CRM) pada divisi service Auto2000 Asia Afrika Bandung yaitu dengan menerapkan 3 tataran strategi mempertahankan dan menjaga loyalitas pelanggan mengingatkan servis berkala, memberikan promo menarik, mengadakan program Toyota Home Service (THS), serta menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan dari operasionalnya mengoptimalkan layanan baik layanan berkala maupun analitis Adanya penyimpanan data pelanggan pada sistem SAM, dan TDMS. Dan disediakannya layanan “Tanya Tasia” dan I-Care untuk menghubungkan pelanggan yang akan, memberi saran atau keluhan dengan Customer Relation

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.22.0006
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Implementasi, Customer Relathionship Management (CRM), Loyalitas
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 09 Dec 2023 04:39
Last Modified: 11 Dec 2023 01:36
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3327

Actions (login required)

View Item View Item