ANALISIS DAYA DAN TEMPERATUR PADA CHILLER WATER COOLING DI RAILINK BANDARA SOEKARNO-HATTA DENGAN METODE TERMODINAMIKA

SAPUTRA, MA’RUF HENDRA (2023) ANALISIS DAYA DAN TEMPERATUR PADA CHILLER WATER COOLING DI RAILINK BANDARA SOEKARNO-HATTA DENGAN METODE TERMODINAMIKA. Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (548kB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (691kB)
[img] Text
4. asbtrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Skripsi MA'RUF HENDRA 2115217028 (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penggunaan pengkondisian udara (AC) atau AC memiliki dampak signifikan dalam kehidupan masyarakat modern. AC dapat ditemukan di berbagai lokasi seperti bandara, kantor, pusat perbelanjaan, hotel, rumah sakit, pabrik, dan kawasan perumahan. Faktor penting dalam penggunaan AC adalah daya dan suhu yang saling terkait, dimana suhu yang ideal sangat diperlukan untuk menciptakan suasana ruangan yang nyaman. Namun, di terminal penumpang, suhu ruangan melebihi batas ideal yang ditetapkan (≤ 25°C) dan mencapai lebih dari 26°C, mengakibatkan kenyamanan menurun. Penyebabnya bisa disebabkan oleh penyediaan udara dingin yang kurang optimal dari chiller serta penumpukan debu dan kotoran pada komponen chiller. Tingginya konsumsi daya pada chiller juga berdampak pada kinerja AC, yang diukur melalui nilai Coefficient of Performance (COP). Semakin tinggi konsumsi daya, maka nilai COP menjadi lebih rendah, menunjukkan kinerja chiller yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis daya dan suhu pada water chiller di Railink Bandara Soekarno-Hatta menggunakan metode termodinamika. Analisis ini membandingkan suhu pada kondensor, evaporator, dan AHU serta dampaknya terhadap penyediaan udara dingin di ruangan. Tujuan utamanya adalah untuk memastikan kinerja chiller dalam menyediakan udara dingin yang memenuhi standar, sehingga pengguna dan karyawan bandara merasa nyaman dan puas. Studi ini menggunakan metode observasi dan pengumpulan data suhu dan daya di lapangan, serta perhitungan teoretis menggunakan metode termodinamika untuk mendapatkan nilai COP. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada suhu dan efisiensi daya setelah perawatan, yang menghasilkan nilai COP yang lebih baik dan meningkatkan kinerja chiller secara keseluruhan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.23.0015
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Air Conditioning, Chiller, COP, Temperature, Power Consumption, Thermodynamics.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 08 Dec 2023 03:33
Last Modified: 14 Dec 2023 04:46
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3292

Actions (login required)

View Item View Item