STRATEGI HUMAS DALAM MEDIA SOSIAL SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Kantor Ombudsman RI Perwakilan Jln. Kebonwaru Utara No.1, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung Jawa Barat 40271)

Adinda Febrianty, Cut (2023) STRATEGI HUMAS DALAM MEDIA SOSIAL SEBAGAI BENTUK KOMUNIKASI PELAYANAN PUBLIK PADA MASA COVID-19 (Studi Kasus Kantor Ombudsman RI Perwakilan Jln. Kebonwaru Utara No.1, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung Jawa Barat 40271). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (240kB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (424kB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (426kB)
[img] Text
4. abstrak.pdf

Download (327kB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (921kB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (225kB)
[img] Text
01 BISMILLAH SKRIPSI CUT ADINDA 2023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana “Strategi Humas Dalam Media Sosial Sebagai Bentuk Komunikasi Pelayanan Publik Pada Masa Pandemi Covid-19 dengan studi kasus Kantor Ombudsman RI Perwakilan Jln. Kebonwaru Utara No.1, Kacapiring, Batununggal, Kota Bandung Jawa Barat 40271 yang bertujuan untuk meningkatkan Strategi Humas dan Komunikasi Pelayanan Publik pada Media Sosial. Tidak hanya itu, untuk menjaga komunikasi kepada masyarakat dengan pihak pegawai kantor ombudsman dengan meningkatkan informasi penyampaian terkait ombudsman serta meningkatkan konsultasi dan pengaduan laporana dari masyarakat untuk tetap lebih efektif dalam komunikasi pelayanan publik daring. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi kasus serta menggunakan teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, teknik wawancara dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian ini adalah (1) Komunikasi pelayanan publik dengan menggunakan penyampaian kepada masyarakat melalui media sosial yang dapat menghubungkan langsung kepada pihak divisi humas yang nantinya akan arahkan dan diproses dengan prosedur-prosedur yang ada sesuai dengan strategi humas yang diandalkan dalam rencana komunikasi pelayanan daring tersebut. (2) Dengan adanya teori dari Rosady Ruslan bahwa strategi humas adalah sebuah tindakan yang sudah direncanakan dengan mencapai tujuan dengan menggunakan komunikasi untuk tetap efektif. Peran utama dalam komunikasi pelayanan publik daring ini adalah masyarakat akan mendapatkan layanan dengan baik dari pihak pegawai kantor ombudsman. (3) Hambatan dalam komunikasi pelayanan publik daring begitu banyak tidak hanya dari pihak pegawai ombudsman yang kesusahan untuk input data saja melainkan dari masyarakatnya yang masih kurang faham tentang penggunaan layanan online, sehingga masyarakat masih saja tetap datang langsung ke kantor ombudsman dengan tujuan untuk berkonsultasi sampai dengan pegaduan laporan. Dengan adanya strategi humas yang sangat berperan penting dalam hal-hal ini, pihak pegawai ombudsman khusunya di divisi humas akan menyusun solusi dengan adanya penggunaan strategi humas didalamnya serta menjadi tujuan utama di dalam komunikasi pelayanan publik daring Kantor Ombudsman RI Perwakilan Jawa Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0006
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Strategi Humas, Media Sosial, Komunikasi Pelayanan Publik
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:20
Last Modified: 12 Dec 2023 02:32
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2924

Actions (login required)

View Item View Item