STRATEGI HUMAS DIGITAL DALAM MENYAMPAIKAN RUBRIKASI PESAN BUDAYA KEPADA NETIZEN (ANALISIS DESKRIPTIF DI INSTAGRAM NAPAK JAGAT PASUNDAN)

Yobella Magna Kiapmanto, Benedicta (2023) STRATEGI HUMAS DIGITAL DALAM MENYAMPAIKAN RUBRIKASI PESAN BUDAYA KEPADA NETIZEN (ANALISIS DESKRIPTIF DI INSTAGRAM NAPAK JAGAT PASUNDAN). Thesis thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (417kB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (382kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Benedicta Yobella ini ini ini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menganalisis strategi rubrikasi yang digunakan Napak Jagat Pasundan untuk menyampaikan pesan-pesan budaya. Peneliti juga dapat melihat bagaimana respon netizen terhadap pesan-pesan budaya Sunda yang telah disusun dalam rubrikasi melalui engagement akun Instagram Napak Jagat Pasundan yang didapatkan melalui report bulanan, dari situ dapat terlihat jumlah responden disetiap unggahan dan bagaimana total engagement yang didapatkan disetiap bulannya. Napak Jagat Pasundan juga memiliki target utama dari brand yang menaunginya yaitu PT. Djarum, untuk memenuhi engagement, awareness, positioning, dan branding dari brand Napak Jagat Pasundan dan brand Djarum. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September 2022 sampai dengan November 2022 yang bertempat di di PT. ATAP Promotions khususnya pada divisi Napak Jagat Pasundan. Metode penelitian yang digunakan untuk meneliti fenomena ini yaitu dengan kualitatif deskriptif, peneliti melakukan observasi pada akun Instagram Napak Jagat Pasundan. Strategi rubrikasi yang dilakukan Napak Jagat Pasundan dengan membagi berbagai tema rubrik yang berbeda setiap harinya. Rubrik pada hari Senin mengenai landmark di Jawa Barat, rubrik hari selasa mengenai petuah paribahasa Sunda, rubrik hari Rabu mengenai objek budaya (10 objek pemajuan kebudayaan), rubrik hari Kamis dengan tema rubrik tokoh maestro Sunda, pada hari Jumat ada rubrik kuliner di Jawa Barat, hari Sabtu membahas tema rubrik nonoman Sunda, dan terakhir pada hari Minggu diangkat tema rubrik koropak Sunda yang membahas produk budaya Sunda yang termasuk dalam 10 OPK. Dalam 3 bulan observasi, engagement di akun Instagram Napak Jagat Pasundan mengalami kenaikan dibulan September namun penurunan dibulan Oktober dan November. Secara keseluruhan, netizen dan pengikut Napak Jagat Pasundan dapat menerima pesan budaya yang disampaikan namun perlu adanya perluasan target khalayak agar akun Instagram ini lebih berkembang kedepannya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: SIK.23.0002
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : strategi rubrikasi, engagement, Napak Jagat Pasundan, Objek Pemajuan Kebudayaan
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 02 Oct 2023 02:19
Last Modified: 12 Dec 2023 03:46
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2900

Actions (login required)

View Item View Item