PENGARUH SOCIAL INFLUENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PENGGUNAAN MARKETPLACE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDUNG

Nurhalimah (2019) PENGARUH SOCIAL INFLUENCE TERHADAP BEHAVIORAL INTENTION PENGGUNAAN MARKETPLACE PADA USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
Cover-dikonversi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR ISI-dikonversi.pdf

Download (123kB)
[img] Text
BAB I NEW-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (647kB)
[img] Text
BAB II NEW -dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
BAB III NEW-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (427kB)
[img] Text
BAB IV NEW-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB V Penutup NEW-dikonversi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
Daftar Pustaka-dikonversi.pdf

Download (20kB)

Abstract

Perkembangan Teknologi yang semakin pesat tidak hanya mengubah cara berkomunikasi masyarakat, namun juga metode perdagangannya. Di mana banyak bermunculan e-commerce yang berguna untuk jadi tempat jual-beli barang secara online yang bisa digunakan oleh pengusaha. Kesempatan ini pun tidak luput dilewatkan oleh para Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dimana marketplace untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) ini mesti dimanfaatkan oleh pemilik usaha mikro, kecil dan menengah. Selain itu Pesatnya perkembangan teknologi saat ini memberikan dampak yang sangat baik bagi para pembisnis yaitu pembisnis bisa menggunkan teknologi untuk memasarkan produk yang mereka miliki dengan mudah melalui marketplace atau melalui Aplikasi tertentu untuk memasarkan produk mereka. Penggunaan marketplace saat ini sedang mengalami penaikan yang cukup signifikan, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh social influence (Pengaruh Sosial) terhadap behavioral intentions (minat pemanfaatan) pengguna Marketplace di Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori Model Unified Theory of Acceptance and use of Technology (UTAUT). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner pada 400 orang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang telah menggunakan aplikasi Marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif dengan medote asosiatif kasual yaitu metode yang digunakan untuk mengetahui ada dan tidaknya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, teknik analisis data menggunakan Metode statistic Multivariate Structural Equation Model (SEM). Berdasarkan penelitian ini variabel dependen dipengaruhi oleh variabel independen. Hasil penelitian ini menunjukan Pengaruh Social Influence terhadap Behavioral Intention penggunaan Marketplace pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Bandung yaitu sebesar 0.879 dan dari semua variabel independen mempunyai pengaruh secara simultan terhadap variabel dependen sebesar 173.596. Pengguna Marketplace perlu lebih meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan memberikan pemahaman bahwa dengan menggunakn Marketplace dapat lebih meningkatkan bisnis mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pengaruh sosial, Minat Pemanfaatan, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Marketplace
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 22 Nov 2019 07:39
Last Modified: 30 Nov 2019 02:51
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/185

Actions (login required)

View Item View Item