FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN DI KAWASAN INDUSTRI MM2100

Saputro, Eko Wahyu Adhi and Amaruddin, Hamdan (2022) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KINERJA OPERASIONAL PERUSAHAAN DI KAWASAN INDUSTRI MM2100. In: Seminar Sosial Politik, Bisnis, Akuntansi dan Teknik (SoBAT) ke-4, 26 Agustus 2022, Bandung, Indonesia.

[img] Text
10_149_Eko Wahyu Adhi.pdf

Download (724kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik Total Quality Management terhadap Kinerja Operasional, dalam penelitian ini terdapat lima variabel yaitu : Fokus Pada Pelanggan, Keterlibatan Dan Pemberdayaan Karyawan, Perbaikan secara berkesinambungan, Hubungan Pemasok Yang Saling Menguntungkan dan kinerja operasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan yang bekerja di perusahaan wilayah kawasan MM2100 yang berjumlah 125, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditentukan berdasarkan rumus slovin yaitu 95 responden dan penelitian ini memuat 36 perusahaan yang saling berbeda. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis Regresi Linier Berganda dengan menggunakan software SPSS Statistical Product and Service Solutions. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa fokus pada pelanggan memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja operasional dengan memberikan kontribusi sebesar 14,28%, keterlibatan dan pemberdayaan karyawan memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja operasional dengan memberikan kontribusi sebesar 13,77%, perbaikan secara berkesinambungan memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja operasional dengan memberikan kontribusi sebesar 16,39%, hubungan dengan pemasok memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja operasional dengan memberikan kontribusi sebesar 16,09% dan secara menyeluruh kontribusi yang diberikan oleh seluruh variabel independent dalam penelitian ini terhadap kinerja operasional perusahaan dikawasan industri MM2100 adalah 60,6%. Selanjutnya, bagi penelitian berikutnya hendaknya menambah variabel lain yang mempengaruhi kinerja operasional layaknya pendekatan proses, kepemimpinan dan pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Customer Focus, Employe involvement, continuous improvement, supplier relationship dan Kinerja Operasional
Subjects: ?? PSBD ??
Depositing User: LPPM USB YPKP
Date Deposited: 22 Oct 2022 02:25
Last Modified: 22 Oct 2022 02:25
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item