PENINGKATAN PEMAHAMAN PUBLIK TENTANG ZAKAT MELALUI AKTIVITAS MARKETING COMMUNICATION (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Marketing Communication di Sinergi Foundation berdasarkan Konsep Integrated Marketing Communication)

Munandar, Haris (2019) PENINGKATAN PEMAHAMAN PUBLIK TENTANG ZAKAT MELALUI AKTIVITAS MARKETING COMMUNICATION (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Marketing Communication di Sinergi Foundation berdasarkan Konsep Integrated Marketing Communication). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
COVER.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (62kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang dari kondisi saat ini di Indonesia, yang sejatinya memiliki potensi besar untuk mendayagunakan zakat. Mengingat Indonesia merupakan salah satu negara Islam terbesar di dunia. Namun kenyataannya, saat ini Indonesia masih belum bisa memaksimalkan potensi besar tersebut. Dari hal tersebut, peneliti menganalisis perlu adanya upaya lebih yang dilakukan oleh lembaga amil zakat atau lembaga sejenisnya. Oleh karena itu peneliti mengambil judul skripsi tentang “Peningkatan Pemahaman Publik tentang Zakat melalui Aktivitas Marketing Communication Sinergi Foundation (Studi Deskriptif Kualitatif Aktivitas Marketing Communication di Sinergi Foundation Berdasarkan konsep Integrated Marketing Communication)”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketiga aktivitas Marketing Communication di Sinergi Foundation, yaitu Digital Marketing, Marketing Support, dan Public Relations. Ketiga aktivitas tersebut akan ditinjau berdasarkan elemen bauran promosi atau Promotional Mix yang terdapat dalam konsep yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Integrated Marketing Communication (IMC). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara bersama nara sumber yang dianggap menguasai di bidangnya, di antaranya HRD, Leader Marketing Communication, dan anggota dari Digital Marketing. Penelitian ini menghasilkan: 1. Aktivitas Digital Marketing yaitu mengelola website, medsos, dan iklan dari Sinergi Foundation; 2. Sementara Marketing Support adalah pembuat seluruh konten (website, medsos, dan iklan) yang ada di Sinergi Foundation; dan 3. Public Relations adalah pembuka jalan dengan pihak eksternal hingga akhirnya tercipta kerjasama. Dengan ketiga aktivitas tersebut, Sinergi Foundation ternyata mampu untuk meningkatkan pemahaman publik tentang zakat. Hal itu terbukti dengan meningkatnya jumlah Muzaki sebesar 11% dari tahun 2017 ke 2018. Begitupun dari tahun 2018 sampai sekarang, tercatat sudah 9% tingkat kenaikan Muzaki di Sinergi Foundation.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Publik Zakat, Pemahaman Zakat, Promotional mix, Digital marketing, Marketing support, Public relations
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 02:16
Last Modified: 12 Jun 2020 02:16
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item