PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ALFAMART CABANG CILEUNYI

RAMDHANI, OKKI (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ALFAMART CABANG CILEUNYI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
skripsi oki ramdhani.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan bidang industri, jasa dan dagang sangat berperan penting dalam perkembangan perekonomian di suatu negara, perekonomian mampu memberikan perubahan-perubahan yang berarti bagi kehidupan masyarakat, Salah satu retail modern atau sering kita sebut dengan minimarket yang cukup terkenal yaitu Alfamart, Alfamart dimiliki oleh PT. Sumber Alfaria Trijaya (SAT) sebagai salah satu perusahaan dalam industri retail modern yang berupa minimarket dan termasuk perusahaan nasional yang bergerak dalam bidang perdagangan umum dan jasa eceran yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan Alfamart cabang Cileunyi. Penelitian ini menggunakan data populasi dari pelanggan yang berbelanja di Alfamart cabang Cileunyi sebanyak 1200 sebagai sampel penelitian menjadi 92 dengan menggunakan SPSS25. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala likert yang digunakan terdiri dari pernyataan positif. Penggunaan skala dilakukan untuk memudahkan responden dalam menjawab pernyataan yang disajikan peneliti serta untuk memudahkan peneliti dalam menganalisa jawaban responden. Berdasarkan hasil analisis data didapat persamaan regresi linier berganda dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bahwa hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X1) dan harga (X2) memiliki nilai F hitung sebesar 504,608 dan nilai sig 0.000 dengan nilai F tabel sebesar 2.38. Dengan hasil F hitung > F tabel dan sig hitung < 0.000 maka dapat disimpulkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan dan harga berpengaruh terhadap kepuasan konsumen (Y). Hasil Uji t variabel kualitas pelayanan (X1), harga (X2) terhadap kepuasan konsumen (Y) didapatkan hasil uji t untuk variabel kualitas pelayanan menunjukkan nilai signifikasi 0,00 < 0,10 dan t hitung sebesar 6,139 yang berarti lebih besar dari nilai t tabel (1.984) dan Hasil uji t untuk variabel harga menunjukkan nilai signifikasi 0,023 < 0,10 dan t hitung sebesar 2,317 yang berarti lebih besar dari nilai t tabel (1,984) maka dapat disimpulkan ada pengaruh secara parsial. Dalam penelitian ini didapat juga hasil koefisien determinasi memiliki pengaruh sebesar 0.919, yang artinya besar pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen 91,9 % sisanya 8,1 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak disertakan didalam penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SMN.24.0025
Uncontrolled Keywords: kualitas pelayanan, harga, kepuasan konsumen.
Subjects: Skripsi S1 > Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Mr Okki Ramdhani
Date Deposited: 27 Jul 2024 03:37
Last Modified: 27 Jul 2024 03:37
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4000

Actions (login required)

View Item View Item