PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR MAKANAN & MINUMAN DI BEI PERIODE 2017-2021

NURAZIZAH, AYU (2024) PENGARUH LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN (SIZE) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR MAKANAN & MINUMAN DI BEI PERIODE 2017-2021. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (102kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (424kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (549kB)
[img] Text
ABSTRAK INDO.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)
[img] Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (14kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL WATERMARK.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (160kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (101kB)

Abstract

Nilai perusahaan sangat penting bagi para pemegang saham karena dengan nilai perusahaan yang tinggi mampu meningkakan kemakmuran pemegang saham. Untuk melakukan penilaian terhadap perusahaan maka nilai perusahaan menjadi indikator pasar secara keseluruhan sehingga nilai perusahaan dapat menunjukan prospek perusahaan dimasa mendatang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan (size) terhadap nilai perusahaan pada sektor makanan & minuman di BEI periode 2017-2021. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2021 yang berjumlah 37 perusahaan dengan teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria dengan menggunakan purposive sampling. Sampel yang diperoleh berdasarkan kriteria sebanyak 17 perusahaan sub sektor makanan dan minuman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dengan statistic deskriptif menggunakan SPSS v 25. Hasil penelitian menyatakan bahwa secara parsial leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Dan berdasarkan hasil uji simultan maka variabel leverage, profitabilitas dan ukuran perusahaan, berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada Sektor Makanan & Minuman di BEI Periode 2017-2021. Perusahaan disarankan supaya dapat memaksimalkan laba dengan cara meningkatkan kinerjanya dalam mengelola kebijakan hutangnya agar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan nilai perusahaan dimasa mendatang. Manajemen juga perlu meningkatkan produktifitas aktivanya sebagai indikator ukuran perusahaan (size) agar dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan nilai perusahaan. Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAK.24.0005
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Leverage, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan
Subjects: Skripsi S1 > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
Depositing User: Ms Ayu Nurazizah
Date Deposited: 22 Mar 2024 06:09
Last Modified: 22 Mar 2024 06:09
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3494

Actions (login required)

View Item View Item