IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN ODOO (Studi Kasus: PETERNAKAN BURUNG PUYUH DI KABUPATEN PEMALANG)

Hawari, Ikhsan (2023) IMPLEMENTASI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN MENGGUNAKAN ODOO (Studi Kasus: PETERNAKAN BURUNG PUYUH DI KABUPATEN PEMALANG). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
4. lembar pengesahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (774kB)
[img] Text
8. bab i.pdf

Download (804kB)
[img] Text
00. full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
13. daftar pustaka.pdf

Download (853kB)

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) telah membuktikan sebagai pilar penting dalam mengatasi tantangan ekonomi dan memajukan perkembangan ekonomi di Indonesia. Salah satunya UMKM peternakan burung puyuh di Kabupaten Pemalang, namun dalam penerapan manajemen pelanggan masih perlu dilakukan peningkatan sehingga perlu di implementasikan sistem CRM. Tujuan penelitian ini untuk mengimplementasikan Customer Relationship Management (CRM) pada UMKM Peternakan Telur Burung Puyuh kabupaten pemalang menggunakan Odoo. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Agile Model Scrum, dengan aplikasi open-source CRM menggunakan Odoo sebagai sistem CRM, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi pustaka. Hasil menunjukkan bahwa implementasi CRM dengan Odoo memberikan manfaat positif dalam memperkuat interaksi, kepuasan, dan loyalitas pelanggan, serta memudahkan jalannya proses bisnis. Dibuktikan dari hasil kuesioner, 75.50% calon pengguna menyatakan bahwa implementasi CRM dengan Odoo dapat memperkuat interaksi dengan pelanggan dan meningkatkan efisiensi operasional UMKM, Selain itu, dari hasil kuesioner, 80% calon pengguna menyatakan bahwa aplikasi ini membantu dalam mengelola penawaran, 80% prospek pelanggan, dan 82.5% pesanan penjualan serta pembayaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SSI.23.0033
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: UMKM, Customer Relationship Management (CRM), Odoo ERP
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:10
Last Modified: 13 Dec 2023 03:26
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/3046

Actions (login required)

View Item View Item