ANALISIS IMPLEMENTASI E-COMMERCE (Studi Kasus Pengguna Facebook di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu)

Jakariah, Mohamad (2019) ANALISIS IMPLEMENTASI E-COMMERCE (Studi Kasus Pengguna Facebook di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (435kB)
[img] Text
3. LLEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (417kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf

Download (166kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (470kB)
[img] Text
14. FULL SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Desa Jatimulya, Kecamatan Terisi, Kabupaten Indramayu dengan tujuan untuk mengetahui implementasi E-Commerce di masyarakat pedesaan. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan kualitatif deskriptif dengan Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Selain itu penyajian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (a) Pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya cenderung menjalankan bisnisnya tanpa rencana yang matang dan tanpa strategi yang matang. (b) Mereka seperti tidak memiliki visi dan misi dalam berbisnis. Asal jualannya laku mereka merasa bahwa bisnis mereka baik-baik saja. (c) Produk yang dijualpun cenderung sama dengan pelaku E-Commerce lain yakni produk fashion dan kuliner. (d) Strategi yang dijalankanpun sangat amat sederhana bahkan dibilang tidak ada strategi yang dijalankan karena hanya sebatas memfoto barang dagangan, mengunggahnya di media sosial kemudian menunggu respon dari konsumen. (e) Dari segi pembayaran, masih mengunakan metode manual yakni bayar ditempat. (f) dengan segala hal yang dilakukan secara sederhana justru banyak mendapatkan kepercayaan dari calon konsumen. (g) Konsumen umumnya masih belum begitu percaya dengan pelaku E-Commerce karena masih sering ditemui kecurangan-kecurangan yang dilakukan oleh penjual. (h) Konsumen merasa sangat terbantu dengan kehadiran E-Commerce di tengah-tengah mereka. (i) Umumnya konsumen juga merekomendasikan pengalaman berbelanja online yang pernah mereka lakukan yang mana hal tersebut sangat menguntungkan bagi penjual dalam meningkatkan penjualan produknya . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah rata-rata pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya masih belum mengimplementasikan E-Commerce dengan maksimal. Dikarenakan faktor kurangnya pengetahuan mengenai E-Commerce membuat implementasi yang dilakukan pelaku E-Commerce di Desa Jatimulya terkesan apa adanya dan tanpa rencana yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.19.0032
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : E-Commerce, Implementasi, Media Sosial Facebook, Desa.
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 30 Oct 2023 04:01
Last Modified: 09 Dec 2023 01:39
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2987

Actions (login required)

View Item View Item