PEMAKNAAN MAHASISWA MENGENAI FASHION SEBAGAI KOMUNIKASI DALAM MENUNJUKKAN IDENTITAS DIRI (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 USB YPKP Bandung)

Rosliana Dewi, Intan (2022) PEMAKNAAN MAHASISWA MENGENAI FASHION SEBAGAI KOMUNIKASI DALAM MENUNJUKKAN IDENTITAS DIRI (Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 USB YPKP Bandung). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf

Download (522kB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (471kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (281kB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (221kB)
[img] Text
bismillah revisi skripsi intan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Pemaknaan Mahasiswa Mengenai Fashion sebagai Komunikasi dalam Menunjukkan Identitas Diri : Studi Fenomenologi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 USB YPKP Bandung”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif, fungsi, dan makna penggunaan fashion dalam persepsi mahasiswa untuk menunjukkan identitas diri, yang berkaitan dengan ilmu komunikasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi, melakukan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi, menggunakan bahan referensi, dan membercheck. Dalam penelitian ini mahasiswa/mahasiswi ilmu komunikasi yang dirasa paling tertarik terhadap fashion menjadi informan kunci dan beberapa mahasiswa/mahasiswi lain yang juga memiliki kesukaan terhadap fashion menjadi informan pendukung. Hasil penelitian ini adalah (1) Konsep diri dalam penggunaan fashion oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 USB YPKP, dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti penilaian orang lain dan lingkungan terdekatnya baik itu significant others maupun reference group, hal tersebut ikut mempengaruhi harga diri (self esteem. (2) Motif dalam penggunaan fashion oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 USB YPKP diantaranya untuk menghargai diri sendiri dan mengikuti perkembangan zaman. Motif dalam penggunaan fashion dipengaruhi juga oleh faktor orang lain dalam memberikan penilaian terhadap mereka. Motif dibalik penggunaan fashion mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 USB YPKP bersifat motif tujuan atau in order motives sebagaimana dalam fenomenologi Schutz bahwa motif tujuan merupakan harapan seseorang dalam tindakan sosial. (3) Makna dalam penggunaan fashion oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi angkatan 2019 USB YPKP adalah bahwa fashion di masa sekarang menjadi sesuatu yang penting bagi diri setiap orang. Karena diri sendiri maupun orang lain akan memberikan penilaian terhadap penampilan dirinya yang meliputi jati diri atau identitas diri penggunanya. Makna yang didapatkan ini merupakan hasil berbagi makna melalui tindakan sosial dari pengalamannya dengan orang lain. Sehingga orang lain memiliki pandangan mengenai diri mereka sesuai dengan apa yang mereka inginkan. (4) Pengalaman mengenai fungsi fashion yang dirasakan oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 USB YPKP diantaranya sebagai media komunikasi untuk mengekspresikan diri, yang meliputi emosi, tingkah laku dan pembeda. Yang mana perbedaan ini berfungsi untuk menunjukkan identitas dirinya kepada orang lain dalam berinteraksi dalam lingkup sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.22.0023
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Mahasiswa, Pemaknaan, Fashion, Komunikasi
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:14
Last Modified: 12 Dec 2023 03:32
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2849

Actions (login required)

View Item View Item