STRATEGI KOMUNIKASI GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DALAM PENERAPAN BLENDED LEARNING (Studi Kasus Pada TK Sains Al-Biruni Kota Bandung)

Nisrina Budiman, Tsana (2022) STRATEGI KOMUNIKASI GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DALAM PENERAPAN BLENDED LEARNING (Studi Kasus Pada TK Sains Al-Biruni Kota Bandung). Skripsi thesis, Universitas sangga buana YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. lamber pengesahan.pdf

Download (130kB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf

Download (148kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. bab i.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bismillah Skripsi Tsana fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui “Strategi Komunikasi Guru Taman Kanak-Kanak (TK) Dalam Penerapan Blended Learning (Studi Kasus TK Sains Al-Biruni Komp. Bumi Panyileukan Kota Bandung)”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahu strategi komunikasi apa yang dilakukan guru TK Sains Al-Biruni dalam penerapan Blended Learning, mengetahui seberapa penting strategi komunikasi dalam penerapan Blended Learning, dan untuk mengetahui hambatan dan solusi dalam proses penerapan Blended Learning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian analisis studi kasus. Melakukan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi ke lokasi penelitian dan mengikuti kegiatan pembelajaran, melakukan wawancara mendalam dan terstruktur kepada informan kunci dan informan pendukung, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah meningkatkan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Informan kunci dalam penelitian ini adalah Guru TK Sains Al-Biruni, Murid TK Sains Al-Biruni, dan Wali murid (orang tua murid) TK Sains Al-Biruni. Serta Kepala Sekolah TK Sains Al-Biruni sebagai informan pendukungnya. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, didapat berbagai macam data dari hasil teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi dengan mengikuti kegiatan pembelajaran di salah satu kelas yakni Kelas B (Kancil) di TK Sains Al-Biruni saat pembelajaran offline maupun online beserta dokumentasi. Peneliti juga melakukan wawancara mendalam dan terstruktur kepada tiga orang informan kunci yaitu Guru, Murid, dan Orang tua murid di TK Sains Al-Biruni, serta satu orang informan pendukung yaitu Kepala Sekolah TK Sains Al-Biruni. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Strategi Komunikasi guru dalam penerapan blended learning di kelas B (kancil) yaitu dengan cara membuat strategi pembelajaran yaitu membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) yang mana didalamnya terdapat unsur strategi komunikasi yang meliputi kegiatan apa yang akan dilakukan di hari tersebut, penyusunan pesan untuk menentukan tema dan materi yang akan disampaikan, penetapan metode, dan penentuan media komuniasi yang akan dipakai. (2) strategi komunikasi berperan penting dalam penyampaian pesan yang akan di sampaikan agar dapat diterima dengan baik oleh para murid maupun orang tua murid, dan untuk meningkatkan keefektifan komunikasi juga membantu tercapainya tujuan komunikasi. (3) Hambatan dalam penerapan blended learning ini terletak pada proses pembelajaran online atau jarak jauh saja, dan solusinya yaitu dengan merangkum semua hambatan yang ada dan mengajak kerja sama kepada orang tua murid untuk meningkatkan komunikasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.22.0040
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Guru, Strategi Komunikasi, Blended Learning, Murid
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 14 Sep 2023 03:12
Last Modified: 12 Dec 2023 03:13
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/2827

Actions (login required)

View Item View Item