SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA TURBIN PICO-HIDRO UNTUK MENDETEKSI KAVITASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT

Permana, Yoga Andriyani (2025) SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA TURBIN PICO-HIDRO UNTUK MENDETEKSI KAVITASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (463kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGEAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (658kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (619kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (507kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (624kB)
[img] Text
SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA RUNNER TURBIN PICO.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (668kB)
[img] Text
plagiarisme cek.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (397kB)

Abstract

Efisiensi sistem dari turbin pico-hidro dipengaruhi oleh kondisi operasi yang optimal serta komponen turbin yang bekerja dengan baik yang salah satunya adalah runnner. Masalah kerusakan yang sering dijumpai pada tubin adalah kavitasi. Kavitasi adalah suatu fenomena dimana ketika tekanan lokal air pada saat runnner sedang berputar berada di bawah tekanan uap sehingga gelembung kavitasi yang terbentuk terbawa menuju dinding runner hingga akhirnya akhirnya kolaps (meledak) akibat tekanan yang berada di lokasi itu lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah kavitasi juga terjadi pada turbin kaplan/propeller dalam skala pico pada debit operasi 0.032 m3/s - 0.054 m3/s, tekanan uap 2339.2-3678.6 Pa, dan variasi putaran runner 1000 - 1700 rpm. Analisis menggunakan metode pendekatan secara numerik CFD (Computational Fluid Dynamic). Dari penelitian diketahui bahwa kavitasi tidak ditemukan pada turbin pico-hidro tipe propeller pada semua variasi operasi kecepatan yang diberikan meskipun terjadi pembentukan gelembung kavitasi. Ini artinya kerusakan yang terjadi pada bilah tubin atau blade runner lebih diakibatkan oleh faktor lain seperti korosi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.25.0015
Uncontrolled Keywords: kavitasi, turbin pico-hidro, blade runner, CFD
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Mr Yoga Andriyani Permana
Date Deposited: 09 Oct 2025 04:51
Last Modified: 09 Oct 2025 04:51
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7426

Actions (login required)

View Item View Item