Permana, Yoga Andriyani (2025) SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA TURBIN PICO-HIDRO UNTUK MENDETEKSI KAVITASI MENGGUNAKAN APLIKASI ANSYS FLUENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (463kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGEAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (658kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (619kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (507kB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (624kB) |
![]() |
Text
SIMULASI ALIRAN FLUIDA PADA RUNNER TURBIN PICO.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (668kB) |
![]() |
Text
plagiarisme cek.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (397kB) |
Abstract
Efisiensi sistem dari turbin pico-hidro dipengaruhi oleh kondisi operasi yang optimal serta komponen turbin yang bekerja dengan baik yang salah satunya adalah runnner. Masalah kerusakan yang sering dijumpai pada tubin adalah kavitasi. Kavitasi adalah suatu fenomena dimana ketika tekanan lokal air pada saat runnner sedang berputar berada di bawah tekanan uap sehingga gelembung kavitasi yang terbentuk terbawa menuju dinding runner hingga akhirnya akhirnya kolaps (meledak) akibat tekanan yang berada di lokasi itu lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apakah kavitasi juga terjadi pada turbin kaplan/propeller dalam skala pico pada debit operasi 0.032 m3/s - 0.054 m3/s, tekanan uap 2339.2-3678.6 Pa, dan variasi putaran runner 1000 - 1700 rpm. Analisis menggunakan metode pendekatan secara numerik CFD (Computational Fluid Dynamic). Dari penelitian diketahui bahwa kavitasi tidak ditemukan pada turbin pico-hidro tipe propeller pada semua variasi operasi kecepatan yang diberikan meskipun terjadi pembentukan gelembung kavitasi. Ini artinya kerusakan yang terjadi pada bilah tubin atau blade runner lebih diakibatkan oleh faktor lain seperti korosi.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.25.0015 |
Uncontrolled Keywords: | kavitasi, turbin pico-hidro, blade runner, CFD |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | Mr Yoga Andriyani Permana |
Date Deposited: | 09 Oct 2025 04:51 |
Last Modified: | 09 Oct 2025 04:51 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7426 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |