Ibanatul Ahkam, Muhammad Ikhsan (2025) ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEDOMAN KAPASITAS JALAN INDONESIA 2023 (studi kasus Jalan Raya Kopo – Jalan Cibolerang). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.
|
Text
Cover Tugas Akhir Ikhsan-1.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (184kB) |
|
|
Text
Lembar Pengesahan Ikhsan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (790kB) |
|
|
Text
Lembar Pernyataan Iksan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (505kB) |
|
|
Text
Astrak Ikhsan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) |
|
|
Text
BAB I Ikhsan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (221kB) |
|
|
Text
Skripsi Full Ikhsan.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (3MB) | Request a copy |
|
|
Text
Daftar Pustaka Ikhsan.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (219kB) |
|
|
Text
Plagiarisme Ikhsan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (564kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis kinerja persimpangan tak bersinyal di Jalan Raya Kopo – Jalan Cibolerang, Kabupaten Bandung. Persimpangan ini sering mengalami kemacetan, terutama pada jam-jam sibuk, akibat volume lalu lintas yang tinggi yang melebihi kapasitas jalan. Perilaku angkutan umum yang sering berhenti sembarangan juga memperburuk kondisi lalu lintas di persimpangan ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja persimpangan tak bersinyal berdasarkan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) 2023. Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi kinerja persimpangan saat ini, mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerjanya, dan merumuskan rekomendasi perbaikan untuk meningkatkan kinerja persimpangan. Hasil analisis menunjukkan bahwa kondisi simpang pada jam puncak pagi di tanggal 13 Mei 2025 memiliki Derajat Kejenuhan (Dj) sebesar 1,02, yang termasuk dalam kategori kritis dan rawan macet. Kemacetan ini sebagian besar disebabkan oleh antrean kendaraan yang akan belok kanan. Sebagai upaya optimalisasi, penelitian ini merekomendasikan pemasangan rambu dilarang belok kanan dan penambahan pembatas jalan (road barrier) di Jalan Raya Kopo untuk menutup akses putar balik dekat persimpangan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | STS.25.0085 |
| Uncontrolled Keywords: | Persimpangan, Simpang Tak Bersinyal, PKJI 2023 |
| Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
| Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
| Depositing User: | Muhammad Ikhsan Ibanatul Ahkam |
| Date Deposited: | 04 Dec 2025 06:36 |
| Last Modified: | 04 Dec 2025 06:36 |
| URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7398 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
