Stabilisasi Tanah Clayshale dengan Campuran Kapur Terhadap Nilai Pengembangan Bebas (Free Swelling) (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Serang-Panimbang STA 53+900)

Syahputra, Renaldi Rio (2025) Stabilisasi Tanah Clayshale dengan Campuran Kapur Terhadap Nilai Pengembangan Bebas (Free Swelling) (Studi Kasus Ruas Jalan Tol Serang-Panimbang STA 53+900). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.

[img] Text
COVER TUGAS AKHIR.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (794kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Rio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (354kB)
[img] Text
Abstrak Rio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (166kB)
[img] Text
BAB I Rio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (264kB)
[img] Text
Skripsi Full Rio.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (231kB)
[img] Text
Plagiarisme Rio.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (846kB)

Abstract

Peningkatan pembangunan infrastruktur di Indonesia menuntut kualitas tanah dasar yang stabil dan kuat, khususnya pada proyek strategis seperti Jalan Tol Serang–Panimbang. Salah satu tantangan utama yang dihadapi adalah karakteristik tanah clayshale yang memiliki daya dukung tinggi saat kering, namun rentan mengalami degradasi signifikan saat terkena air atau siklus basah-kering. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan kapur terhadap nilai pengembangan bebas (free swelling) pada tanah clayshale, serta menentukan proporsi kapur yang paling optimal untuk meningkatkan kestabilan tanah di lokasi penelitian. Metode yang digunakan meliputi pengujian laboratorium terhadap tanah clayshale asli dan tanah yang telah distabilisasi dengan campuran kapur sebanyak 10%, 20%, dan 30%. Pengujian dilakukan di UPTD Laboratorium Bahan Konstruksi, mencakup uji kepadatan (Proctor A), uji konsolidasi swelling, serta uji CBR rendaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kapur mampu mengurangi nilai pengembangan bebas tanah clayshale secara signifikan. Campuran kapur 20% merupakan proporsi paling optimal dalam menurunkan nilai swelling dan meningkatkan daya dukung tanah tanpa menyebabkan efisiensi yang menurun secara teknis maupun ekonomis. Penelitian ini memberikan rekomendasi teknis dalam pemilihan metode stabilisasi tanah bermasalah seperti clayshale, serta memberikan kontribusi terhadap pengembangan teknologi perbaikan tanah di proyek-proyek infrastruktur nasional. Kata Kunci : tanah clayshale, stabilisasi tanah, kapur, pengembangan bebas, ruas tol Serang–Panimbang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0096
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : tanah clayshale, stabilisasi tanah, kapur, pengembangan bebas, ruas tol Serang–Panimbang.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Mr Renaldi Rio Syahputra
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:54
Last Modified: 15 Dec 2025 03:54
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7369

Actions (login required)

View Item View Item