Eka Putri, Amalia (2025) PELAKSANAAN TEKNIS MOBILISASI BETON READY MIX KE LOKASI PROYEK TERHADAP KUALITAS DAN EFISIENSI PADA PEKERJAAN RIGID PAVEMENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (282kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (75kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (101kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (321kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (337kB) |
![]() |
Text
6. SKRIPSI FULL.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (284kB) |
![]() |
Text
8. SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (257kB) |
Abstract
Pembangunan jalan tol menuntut mutu konstruksi yang terjamin serta efisiensi pelaksanaan di lapangan. Mobilisasi beton ready mix dari batching plant ke lokasi proyek merupakan tahapan krusial dalam pelaksanaan pekerjaan rigid pavement. Kualitas beton sangat dipengaruhi oleh jarak tempuh, waktu pengiriman, dan kondisi lapangan selama mobilisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak Mobilisasi beton ready mix terhadap mutu beton, termasuk perubahan nilai slump, suhu, dan setting time, dan kuat lentur serta mengevaluasi efisiensi pelaksanaan pekerjaan rigid pavement berdasarkan penggunaan material, alat berat, dan tenaga kerja. Studi kasus dilakukan pada Proyek Jalan Tol Serang–Panimbang Seksi 2, menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi lapangan, wawancara, pengukuran teknis, serta dokumentasi proyek. Mobilisasi beton ready mix berjarak sekitar ±6,5 km menggunakan 6 unit dump truck kapasitas 10 m³ dalam 22 ritase. Hasil penelitian menunjukkan adanya penurunan nilai slump dan peningkatan suhu beton saat tiba di lokasi. Uji kuat lentur memperlihatkan perbedaan hasil antara dari lapangan dan batching plant, di mana pada umur 7 hari nilai kuat lentur di lapangan mencapai 90% sedangkan pada umur 28 hari meningkat menjadi 123%, yang masih sesuai dengan standar. Dari sisi efisiensi, penggunaan material mencapai 99,2%, alat berat menunjukkan idle time akibat ketidakteraturan interval pengiriman, dan efisiensi tenaga kerja tercatat hingga 99%. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi melalui pengaturan ritme pengiriman, pengawasan mutu beton selama transportasi, dan optimalisasi manajemen sumber daya.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.25.0062 |
Uncontrolled Keywords: | Mobilisasi Beton Ready Mix, Rigid Pavement, Kualitas Beton, Efisiensi Pelaskanaan |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | ama eka |
Date Deposited: | 08 Oct 2025 06:14 |
Last Modified: | 08 Oct 2025 06:14 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7175 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |