PRODUKSI KOMUNIKASI VISUAL PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif pada Instagram Hypenings)

Nuraini, Reni (2025) PRODUKSI KOMUNIKASI VISUAL PADA KONTEN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (Studi Deskriptif pada Instagram Hypenings). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP Bandung.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (23kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (458kB)
[img] Text
Lembar pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (126kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (386kB)
[img] Text
SKRIPSI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (145kB)
[img] Text
SK CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (226kB)

Abstract

Komunikasi visual adalah salah satu aspek yang paling penting untuk branding konten di Instagram anak muda Hypenings karena membntu membangun identitas brand yang kuat, menarik perhatian audiens, menyampaikan pesan dengan efektif dan membangun hubungan emosional dengan konsumen atau mitra kerja sama media anak muda Hypenings ini di Instagram pada periode 2025. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif dengan analasis deskriptif untuk mendeskripsikan dan menganalisis elemen-elemen komunikasi visual yang digunakan dalam konten nstagram Hypenings. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi dengan model miles dan Huberman, yaitu Reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses produksi konten di Hypenings dilakukan secara sistematis melalui tahapan perencanaan, produksi, penyuntingan, pratinjau, hingga publikasi dan evaluasi. Pembagian tugas antar divisi berlangsung secara terkoordinasi, memungkinkan pengelolaan konten berjalan efektif. Dari sisi elemen visual, Hypenings menggunakan komponen khas seperti tekstur kertas, grid, tipografi, garis, dan pemilihan warna kontras yang memperkuat identitas visual serta mempermudah penyampaian pesan kepada audiens. Strategi visual yang diterapkan terbukti mampu meningkatkan engagement baik secara langsung melalui likes, komentar, dan share maupun secara tidak langsung melalui kolaborasi dengan komunitas musik, olahraga, dan lokal. Komitmen terhadap konsistensi desain, pemanfaatan tren yang relevan, serta pemilihan waktu publikasi yang optimal menjadi bagian integral dari efektivitas strategi komunikasi visual Hypenings.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0073
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: komunikasi visual, Media, Instagram, engagement, Hypenings.
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mrs Reni Nuraini
Date Deposited: 08 Oct 2025 03:36
Last Modified: 08 Oct 2025 03:36
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/7120

Actions (login required)

View Item View Item