EVALUASI KEAMANAN SISTEM E-LEARNING DI SESPIMTI POLRI MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN

Mulyana, R Nur Asyifa Agustina (2025) EVALUASI KEAMANAN SISTEM E-LEARNING DI SESPIMTI POLRI MENGGUNAKAN MODEL DELONE DAN MCLEAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (105kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (147kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (145kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (183kB)
[img] Text
Bab 1.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (266kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (196kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (195kB)

Abstract

Transformasi digital mendorong lembaga pendidikan, termasuk Sespimti Polri, mengadopsi sistem e-learning untuk mendukung pembelajaran off-campus. Pelaksanaan sistem ini menghadapi tantangan seperti rendahnya interaktivitas, kepuasan pengguna yang terbatas, serta keterbatasan pada aspek teknis, informasi, dan layanan. Evaluasi komprehensif diperlukan untuk memastikan efektivitas sistem dalam mendukung pendidikan dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pendekatan survei. Evaluasi dilakukan berdasarkan model DeLone dan McLean (2003) yang mencakup enam dimensi: kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan, kepuasan pengguna, dan manfaat bersih. Data diperoleh dari 61 responden pengguna e-learning Sespimti Polri melalui kuesioner Likert, wawancara, serta dianalisis menggunakan uji validitas, reliabilitas, dan regresi linier di SPSS. Hasil penelitian menunjukkan kemudahan akses dan tampilan sistem cukup baik, tetapi terdapat kelemahan pada kecepatan sistem, kejelasan informasi, dan efektivitas layanan teknis. Kepuasan pengguna berada pada kategori netral, dan manfaat bersih sistem belum sepenuhnya dirasakan, terutama terkait efektivitas kerja dan pengembangan kompetensi. Analisis menunjukkan hubungan positif antara kualitas sistem dan informasi dengan kepuasan pengguna serta penggunaan sistem. Kesimpulannya, e-learning Sespimti Polri telah memenuhi kebutuhan dasar pengguna, namun perlu perbaikan pada aspek teknis, konten, dan layanan pendukung. Diperlukan penguatan infrastruktur, penyempurnaan konten berbasis kebutuhan operasional, serta peningkatan kualitas layanan teknis. Penelitian lanjutan disarankan menggunakan kombinasi metode kuantitatif dan kualitatif untuk memahami pengalaman pengguna secara lebih menyeluruh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.25.0056
Uncontrolled Keywords: E-learning, Evaluasi sistem informasi, Model DeLone dan McLean, Sespimti Polri, Kepuasan pengguna, Manfaat bersih
Subjects: Skripsi S1 > Sistem Informasi
Divisions: Fakultas Teknik > Sistem Informasi (S1)
Depositing User: Nn. R Nur Asyifa Agustina Mulyana
Date Deposited: 06 Oct 2025 02:56
Last Modified: 06 Oct 2025 02:56
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6948

Actions (login required)

View Item View Item