Virtaduris, Aldino (2025) Strategi Komunikasi Digital Dalam Membangun Keterlibatan Audiens (Studi Kasus Pada Akun Instagram @radarbandung.id). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
|
Text
COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (154kB) |
|
|
Text
SKRIPSI FULL - ALDINO 3112211006 (1).pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) | Request a copy |
|
|
Text
Pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (88kB) |
|
|
Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (190kB) |
|
|
Text
Pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (144kB) |
|
|
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
|
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
|
|
Text
Cek Plagiarisme Aldino.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (165kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh akun Instagram @radarbandung.id dalam membangun keterlibatan audiens. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap pengelola akun sebagai informan kunci, serta dua orang audiens pengikut aktif sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @radarbandung.id menggunakan dua jenis strategi konten, yaitu konten original dari wartawan internal dan konten repost dari sumber eksternal. Penyampaian pesan visual dilakukan melalui penggunaan warna identitas, elemen grafis menarik, serta pemilihan waktu unggah yang sesuai dengan pola aktivitas pengguna. Secara naratif, caption dikemas secara semi-informal dan adaptif terhadap audiens dominan Gen-Z. Analisis menggunakan teori Uses and Gratifications (UGT) menunjukkan bahwa audiens menggunakan akun ini untuk memenuhi kebutuhan kognitif (informasi), afektif (emosi dan empati), integratif sosial (koneksi sosial), dan kebutuhan pelepasan ketegangan. Namun demikian, keterlibatan audiens masih bersifat fluktuatif karena beberapa konten dianggap kurang relevan atau tidak menarik. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi konten yang adaptif dan interaktif sebagai sarana membangun keterlibatan audiens di media sosial lokal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Digital, Instagram, @radarbandung.id, Keterlibatan Audiens, Uses and Gratifications.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Additional Information: | SIK.25.0101 |
| Uncontrolled Keywords: | Strategi Komunikasi Digital, instagram, radarbandung |
| Subjects: | Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi |
| Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
| Depositing User: | Mr Aldino virtaduris |
| Date Deposited: | 06 Dec 2025 02:13 |
| Last Modified: | 06 Dec 2025 02:13 |
| URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6774 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
