Strategi Komunikasi Digital Dalam Membangun Keterlibatan Audiens (Studi Kasus Pada Akun Instagram @radarbandung.id)

Virtaduris, Aldino (2025) Strategi Komunikasi Digital Dalam Membangun Keterlibatan Audiens (Studi Kasus Pada Akun Instagram @radarbandung.id). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (154kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL - ALDINO 3112211006 (1).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (88kB)
[img] Text
5. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (190kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (144kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
Cek Plagiarisme Aldino.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (165kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh akun Instagram @radarbandung.id dalam membangun keterlibatan audiens. Melalui pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap pengelola akun sebagai informan kunci, serta dua orang audiens pengikut aktif sebagai informan pendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @radarbandung.id menggunakan dua jenis strategi konten, yaitu konten original dari wartawan internal dan konten repost dari sumber eksternal. Penyampaian pesan visual dilakukan melalui penggunaan warna identitas, elemen grafis menarik, serta pemilihan waktu unggah yang sesuai dengan pola aktivitas pengguna. Secara naratif, caption dikemas secara semi-informal dan adaptif terhadap audiens dominan Gen-Z. Analisis menggunakan teori Uses and Gratifications (UGT) menunjukkan bahwa audiens menggunakan akun ini untuk memenuhi kebutuhan kognitif (informasi), afektif (emosi dan empati), integratif sosial (koneksi sosial), dan kebutuhan pelepasan ketegangan. Namun demikian, keterlibatan audiens masih bersifat fluktuatif karena beberapa konten dianggap kurang relevan atau tidak menarik. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi konten yang adaptif dan interaktif sebagai sarana membangun keterlibatan audiens di media sosial lokal. Kata Kunci: Strategi Komunikasi Digital, Instagram, @radarbandung.id, Keterlibatan Audiens, Uses and Gratifications.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.25.0101
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi Digital, instagram, radarbandung
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mr Aldino virtaduris
Date Deposited: 06 Dec 2025 02:13
Last Modified: 06 Dec 2025 02:13
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6774

Actions (login required)

View Item View Item