PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PERSEPSI PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGGI (Studi Kasus Di Desa Walahar Kabupaten Cirebon)

Dewi, Tanti Awalia Kusuma (2025) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA DAN ANAK TERHADAP PERSEPSI PENTINGNYA PENDIDIKAN TINGGI (Studi Kasus Di Desa Walahar Kabupaten Cirebon). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (135kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN_compressed.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (179kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (238kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (548kB)
[img] Text
SKRIPSI FULL TANTI AWALIA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (296kB)
[img] Text
SURAT KETERANGAN HASIL CEK PLAGIARISME .pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komunikasi interpersonal antara orang tua dan anak terhadap persepsi pentingnya pendidikan di Desa Walahar, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon. Desa ini menunjukkan tingkat pendidikan yang masih rendah, di mana mayoritas kepala keluarga hanya menamatkan pendidikan hingga tingkat dasar, dan hanya sebagian kecil yang menempuh pendidikan tinggi. Kondisi ini berdampak pada cara orang tua dalam berkomunikasi dengan anak mengenai nilai strategis pendidikan. Berdasarkan data populasi anak usia sekolah, sebagian besar berada pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah, yang merupakan fase krusial dalam pembentukan persepsi pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional dan analisis regresi linear sederhana. Data dikumpulkan melalui kuesioner daring dari dua kelompok responden, yaitu 44 anak usia 11–18 tahun dan 44 orang tua yang berdomisili di Desa Walahar. Instrumen penelitian disusun berdasarkan indikator komunikasi interpersonal menurut Joseph A. DeVito, serta persepsi pendidikan menurut teori McShane dan Von Glinow. Hasil analisis menunjukkan bahwa dimensi-dimensi komunikasi interpersonal, seperti keterbukaan, empati, dukungan, sikap positif, dan kesetaraan memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi anak dan orang tua mengenai pentingnya pendidikan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas komunikasi dalam keluarga berperan penting dalam membentuk sikap anak terhadap pendidikan. Orang tua yang mampu membangun komunikasi yang terbuka, mendukung, dan empatik cenderung mampu menanamkan nilai pendidikan secara lebih efektif kepada anak-anak mereka. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi keluarga, sekolah, dan pemerintah desa dalam merancang program pemberdayaan keluarga yang berfokus pada peningkatan komunikasi dan kesadaran pendidikan sejak dini. Kata Kunci: Komunikasi Interpersonal, Orang Tua dan Anak, Persepsi Pendidikan, Pendidikan Pedesaan, Komunikasi Keluarga

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: Mrs Tanti Awalia Kusuma Dewi
Date Deposited: 22 Sep 2025 04:19
Last Modified: 22 Sep 2025 04:19
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6718

Actions (login required)

View Item View Item