Achmad, Fadhal Siraj (2024) Analisa Perawatan Mesin Drinking Water Dengan Metode Reliability Centered Maintenance (RCM) Di Bandara Internasional Soekarno – Hatta. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software). Download (2MB) |
![]() |
Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons GNU LGPL (Software). Download (2MB) |
![]() |
Text
Fadhal Siraj Achmad (2115227025) TA Perpus.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
Abstract
Perusahaan tempat penulis saat ini bekerja adalah di PT Angkasa Pura Solusi anak perusahaan dari PT Angkasa Pura II (Persero) cabang Bandara Internasional Soekarno-Hatta, penulis berada pada unit dinas Water Treatment yaitu sebagai senior teknisi. Unit ini bertanggung jawab dalam pengoperasian, pemeliharaan, dan perbaikan peralatan distribusi air bersih ke terminal dan gedung-gedung di Bandara Soekarno-Hatta serta mengatasi gangguan, memperbaiki, mengganti, dan merawat peralatan tersebut di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sesuai dengan peraturan yang berlaku. Salah satu tanggung jawab adalah maintenance alat mesin Drinking Water, untuk kondisi saat ini maintenance alat mesin Drinking Water hanya dilakukan apabila terdapat pengaduan masalah melalui telepon. Untuk maintenance yang bersifat terjadwal atau terencana sudah dilakukan namun masih belum efektif. Akibat yang ditimbulkan adalah alat mengalami singkatnya lifetime pada komponen pendukung alat mesin Drinking Water yang membuat alat tersebut tidak dapat beroperasi dengan seharusya dan berujung terhadap pembengkakan anggaran karena harus terus mengganti komponen sparepart yang rusak agar alat dapat beroperasi maksimal diangka performance diatas 90%, selain itu juga dampak yang ditimbulkan berupa downtime operasional alat akibat kurangnya persiapan ketika alat mesin Drinking Water harus di perbaiki. Untuk itu penulis membuat analisa perawatan alat mesin Drinking Water dengan metode Reliability Centered Maintenance (RCM), dari metode tersebut nanti akan diketahui komponen�komponen apa saja pada alat mesin Drinking Water yang sering mengalami kerusakan atau kegagalan fungsi. Kata Kunci: Mesin Drinking Water, Reliability Centered Maintenace (RCM), Lifetime
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STM.24.0042 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Mesin Drinking Water, Reliability Centered Maintenace (RCM), Lifetime |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Mesin |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1) |
Depositing User: | mr user unggah |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:31 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:31 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |