NURTIANA, AJI (2022) PERANCANGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSIS KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
COVER.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
![]() |
Text
lembar pengesahan dan pernyataan.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (973kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (265kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (251kB) |
![]() |
Text
Skripsi Aji Nurtiana - 2113171039.pdf - Bibliography Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (4MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi yang sangat pesat, berakibat pada perilaku kehidupan masyarakat. Hal tersebut semakin berdampak seiring dengan kehadiran smartphone, dan salah satunya yang banyak diakses oleh masyarakat adalah games. games yang tidak kalah popular saat ini adalah games online. games online menjadi kegemaran setiap orang. Anak-anak, remaja maupun dewasa senang bermain games online. Bahkan seseorang dapat terus menerus bermain games hingga melupakan waktu dan kondisi lingkungan di sekelilingnya. Keseringan dalam bermain games dapat berdampak pada tingkat kecanduan seseorang terhadap games. Namun, tidak semua orang menyadari jika mereka kecanduan khususnya bagi mahasiswa. Oleh sebab itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kecanduan games online pada masyarakat. Untuk membantu masyarakat mengetahui tingkat kecanduan games online, maka dibuat sistem pakar Diagnosis kecanduan games online menggunakan metode Certainty Factor. Certainty factor adalah metode untuk mengelola ketidakpastian dalam sistem berbasis aturan. Implementasi metode certainty factor banyak digunakan dalam bidang kesehatan khususnya psikologi salah satu implementasi yang dapat diterapkan dengan menggunakan sistem pakar dalam bidang psikologi, sebagai contoh melakukan diagnosis gangguan kepribadian. Dengan menggunakan pendekatan metode certainty factor dalam melakukan diagnosis terhadap gangguan kepribadian diharapkan sistem mampu mendapatkan hasil diagnosis dengan cepat dan tepat. Sistem ini dapat membantu untuk mengetahui tingkat kecanduan dan memberikan solusi untuk mengurangi tingkat kecanduan games online masyarakat. Kata Kunci : Kecanduan Games Online, Certainty Factor.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STF.22.0003 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci : Kecanduan Games Online, Certainty Factor. |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | mr pkl pkl |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 04:03 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 04:03 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |