ANALISIS SISTEM PEMEGASAN AIR SPRING TERHADAP LOAD KERETA DI KERETA LRT JAKARTA

RAMADHAN, ANTAMA (2024) ANALISIS SISTEM PEMEGASAN AIR SPRING TERHADAP LOAD KERETA DI KERETA LRT JAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
ANTAMA PUTRA RAMADHAN 2115227020 REVISI.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
Surat Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (751kB) | Request a copy

Abstract

Sektor transportasi memegang peran vital dalam menunjang aktivitas dan memperkuat perekonomian. Di Jakarta, pemerintah mengembangkan transportasi umum untuk mengurangi polusi dan kemacetan. LRT Jakarta menjadi pilihan populer karena kapasitas angkut yang besar dan jalur khusus yang menghindari lalu lintas. LRT Jakarta menggunakan kereta listrik Hyundai Rotem, dalam menunjang pelayanan dan kenyamanan penumpang, Kereta LRT Jakarta dilengkapi dengan sistem penunjang seperti primery suspension dan secondary suspension. Air spring merupakan bagian dari secondary suspension yang mempunyai fungsi untuk menyeimbangkan beban kereta dan meredam getaran. Kerusakan pada air spring dapat menyebabkan kemiringan kereta, sehingga analisis cara kerja dan pengaruh beban pada sistem ini penting. Penulis bermaksud menghitung beban air spring pada berbagai kondisi penumpang (AW0, AW1, AW2, AW3) untuk menentukan nilai toleransi beban yang dapat diterima air spring dan memberikan saran perawatan yang tepat. Penelitian ini dilakukan di Depo PT LRT Jakarta yang terletak di Jalan Raya Kelapa Nias, RW 25, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Daerah Khusus Jakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi AW0 (kereta kosong) beban adalah 49,3 kN, AW1 (40 penumpang) 53,9 kN, AW2 (194 penumpang) 71,5 kN, dan AW3 (270 penumpang) 80,2 kN. Nilai toleransi beban air spring adalah 2,8 kN (285,5 kg) atau 4 penumpang per air spring. Faktor-faktor kegagalan air spring meliputi melepuh, pengelupasan, retakan, abrasi, kebocoran udara, dan korosi. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk melakukan perawatan sesuai standar dan prosedur dilakukan secara rutin dan terjadwal agar tetap menjaga kondisi sistem air spring, serta berdasarkan perhitungan nilai toleransi beban yang dapat diterima air spring adalah sebesar 2,8 kN (285,5 kg) atau sebanyak 4 penumpang pada setiap air spring, 24 penumpang pada satu rangkaian kereta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.24.0048
Uncontrolled Keywords: Sistem Air Spring, Light Rail Vehicle (LRV) seri 1100 di PT LRT Jakarta, Beban Kerja
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: Antama Putra Ramadhan
Date Deposited: 01 Sep 2025 04:21
Last Modified: 01 Sep 2025 04:21
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/6036

Actions (login required)

View Item View Item