Prastyo, Aditya (2022) PERBANDINGAN SISTEM PAKAR DIAGNOSA GEJALA KECANDUAN GAME ONLINE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR DAN FORWARD CHAINING BERBASIS WEB. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.
![]() |
Text
1. cover.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (800kB) |
![]() |
Text
2. lembar pengesahan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
3. lembar pernyataan.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (1MB) |
![]() |
Text
4. abstrak.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (765kB) |
![]() |
Text
7. bab i.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (762kB) |
![]() |
Text
LAPORAN SKRIPSI - Aditya Prastyo.docx - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (2MB) |
![]() |
Text
13. daftar pustaka.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (733kB) |
Abstract
Game online menjadi kegemaran setiap anak-anak. Hal tersebut memungkinkan anak terus menerus bermain game sampai melupakan waktu bahkan melupakan kondisi lingkungan disekelilingnya. Keseringan dalam bermain game online dapat berdampak pada tingkat kecanduan terhadap game online. Namun, tidak semua orang tua menyadari bahwa anak-anak mereka telah memiliki jenis perilaku kecanduan game online. Oleh karena itu, dibutuhkan sistem pakar untuk mendiagnosa gejala kecanduan game online sebagai sarana dalam mengatasi masalah kecanduan game online tersebut. Software yang dikembangkan ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecanduan seorang anak dengan hanya menganalisis data tersebut menggunakan metode certainty factor, yaitu metode untuk mengelola ketidakpastian dalam sistem berbasis aturan. Dan metode forward chaining, yaitu metode yang memiliki jawaban pasti. Kedua metode ini mampu menangani ketidakpastian jawaban yang ditemukan yaitu ketika pakar tidak dapat mendefinisikan hubungan antara gejala dengan penyebab secara pasti, dan pasien tidak dapat merasakan gejala dengan pasti. Dari hasil metode tersebut bahwa metode certainty factor memiliki akurasi yang lebih tinggi karena memiliki lima kondisi dibandingkan dengan metode forward chaining yang hanya memiliki dua kondisi. Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Forward Chaining, Game Online
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STF.22.0043 |
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Sistem Pakar, Certainty Factor, Forward Chaining, Game Online |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Informatika |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Informatika (S1) |
Depositing User: | mr pkl pkl |
Date Deposited: | 04 Aug 2025 03:46 |
Last Modified: | 04 Aug 2025 03:46 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5938 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |