“ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI (SMKK) PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PROYEK PEKERJAAN PRESERVASI JALAN DAN JEMBATAN KERTOSONO -JOMBANG – MOJOKERTO - GEMPOL)”

Pangestu, Setia Aji (2022) “ANALISIS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN KESELAMATAN KONSTRUKSI (SMKK) PADA PROYEK KONSTRUKSI (STUDI KASUS: PROYEK PEKERJAAN PRESERVASI JALAN DAN JEMBATAN KERTOSONO -JOMBANG – MOJOKERTO - GEMPOL)”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (832kB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (503kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
TA Draft FINAL AKHIR BAB I - BAB V_Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi FIX ASli.doc - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (12MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)

Abstract

Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi yang selanjutnya disingkat SMKK adalah bagian dari sistem manajemen pelaksanaan Pekerjaan Konstruksi untuk menjamin terwujuadnya keselamatan konsturksi yang tidak hanya harus memenuhi Standar Keamanan, Keselamatan, Kesehatan, dan Keberlanjutan saja berdasarkan Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2021. Proyek Pekerjaan Preservasi Jalan dan Jembatan KJMG merupakan proyek dengan tingkat risiko kecelakaan kerja dari sedang sampai tinggi yang memerlukan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi yang baik untuk meminimalisir kecelakaan terjadi. Penelitian pada tugas akhir ini adalah penelitian terapan yang menggunakan metode penelitian yaitu Metode kuantitatif deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data terdiri atas data primer dan sekunder yaitu studi dokumen, wawancara, dan pembagian proyek. Analisis pertama untuk Tingkat Penerapan Elemen SMKK berdasarkan Peraturan Menteri PUPR No. 10 Tahun 2021 dengan cara studi dokumen menggunakan checklist dimana untuk dokumen yang terlaksana diberikan nilai 1 dan yang tidak terlaksana diberikan nilai 0, selanjutnya dijumlahkan per indikator lalu dibagi jumlah seluruhan per indikator. Analisis kedua menggunakan perhitungan stastitik dengan menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil dari penelitian didapat bahwa Proyek Pekerjaan Preservasi Jalan dan Jembatan KJMG memperoleh hasil penerapan sebesar 74% dimana dikategorikan sebagai tingkat penerapan baik dan/atau puas. Untuk hasil analisis IBPRP didapat bahwa Proyek Pekerjaan Preservasi Jalan dan Jemabatan KJMG dari ke 4 uraian pekerjaan yang diobservasi memiliki tingkat risiko sedang hingga besar dikedua kategori yaitu orang dan lingkungan. Kata kunci : Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi, Kecelakaan Kerja, IBPRP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STS.23.0071
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi, Kecelakaan Kerja, IBPRP
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 10 Jul 2025 04:42
Last Modified: 10 Jul 2025 04:42
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5836

Actions (login required)

View Item View Item