STRATEGI KOMUNIKASI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG TEGALLEGA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK MELALUI KEGIATAN VISIT

Natasya, Aisyah Azzahra (2022) STRATEGI KOMUNIKASI KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA BANDUNG TEGALLEGA DALAM MENINGKATKAN KESADARAN WAJIB PAJAK MELALUI KEGIATAN VISIT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
2. lembar pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (242kB)
[img] Text
SKRIPSI AISYAH AZZAHRA NATASYA.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
12. daftar pustaka.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
7. bab i.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. lembar pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (178kB)
[img] Text
5. abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan kesadaran masyarakat akan kewajiban pajak sangat minim, hal ini terjadi karena kurangnya pemahaman atau literasi dari para wajib pajak. Peranan Kantor Pelayanan Pajak sangatlah penting dimana mereka harus memastikan agar masyarakat atau para wajib pajak bisa mendapatkan informasi dengan baik terkait dengan pajak juga bisa lebih teredukasi akan pentingnya pajak. Kegiatan visit menjadi salah satu metode penyampaian informasi yang dilakukan oleh Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega sebagai bentuk upaya dalam meningkatkan kesadaran para wajib pajak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam terhadap informan kunci dan informan pendukung, serta melakukan dokumentasi pada penelitian. Teknis analisis data yang digunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data uji kredibilitas, triangulasi (sumber, teknik, dan waktu), analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, mengadakan member check dan uji komfirmabilitas. Pada penelitian ini informan kunci adalah Account Representative dan Pelaksana Seksi Pengawasan III. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Strategi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega melakukan upaya dalam meningkatkan kesadaran pajak melalui metode visit kepada masyarakat umum atau para wajib pajak, bahkan mampu mengatasi para wajib pajak prioritas hingga melakukan pelaporan pajak. Teori yang relevan dengan penelitian ini adalah menurut Effendi, karena Strategi Komunikasi adalah Perencanaan Dana Manajemen untuk mencapai suatu tujuan, akan tetapi untuk mencapai tujuan strategi tidak berfungsi sebagai peta ajalan yang hanya menunjukan arah jalan saja, melainkan harus mampu menunjukn bagaimana taktik operasionalnya. Selama ini berbagai upaya dilakukan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega seperti kegiatan Visit untuk memberikan informasi dan edukasi terkait dengan pajak. Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega, Visit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SIK.23.0047
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi Komunikasi, Kantor Pelayanan Pajak Pratama Bandung Tegallega, Visit.
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 26 May 2025 03:09
Last Modified: 26 May 2025 03:09
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5524

Actions (login required)

View Item View Item