Rusdiana, Rinda (2025) KAJIAN PENANGANAN KERUSAKAN PERKERASAN JALAN (STUDI KASUS: JALAN BTS. KAB. SUBANG/KARAWANG - BTS. KOTA PAMANUKAN). Skripsi thesis, Universitas Sangga Buana YPKP.
![]() |
Text
1. COVER.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (51kB) |
![]() |
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (734kB) |
![]() |
Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (465kB) |
![]() |
Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (124kB) |
![]() |
Text
5. BAB I.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (134kB) |
![]() |
Text
6. Skripsi Full Rinda Rusdiana 2112237016.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (131kB) |
![]() |
Text
8. SURAT KETERANGAN CEK PLAGIARISME.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Public Domain Dedication. Download (381kB) |
Abstract
Tingkat kerusakan yang bervariasi dari segmen ke segmen jalan, dan dapat menetunkan pelayanan jalan dalam jangka panjang. Sehingga memengaruhi keselamatan, kenyamanan dan kelancaran lalu lintas. Ruas Jalan Bts. Kab. Subang/Karawang - Bts. Kota Pamanukan berada di Kabupaten Subang Provinsi Jawa Barat yang merupakan Jalan Nasional dengan panjang 33,52 km. Pemeliharaan jalan adalah kegiatan memperbaiki, memelihara, menambah, atau mengganti suatu bangunan fisik dalam hal ini jalan yang ada agar dapat dipertahankan atau ditingkatkan fungsinya untuk jangka waktu yang lebih lama. Tugas Akhir ini akan diteliti terkait nilai kondisi perkerasan, menentukan pengambilan Keputusan penanganan jalan tersebut menggunakan metode Indonesian Road Management System (IRMS), serta penelitian ini akan menentukan tebal perkerasan tambahan untuk penanganan rehabilitasi dan tebal perkerasan untuk rekonstruksi berdasarkan Manual Desain Perkerasan 2024 (MDP 2024). Berdasarkan hasil kajian terkait kondisi, rencana penanganan perencanaan rehabilitasi dan rekonstruksi Ruas Jalan Bts. Kab. Subang/Karawang - Bts. Kota Pamanukan, diperoleh kondisi sangat baik 5,60 km/arah, kondisi baik 17,80 km/arah, kondisi sedang 23,82 km/arah, kondisi rusak ringan 18,32 km/arah, dan kondisi rusak berat 1,50 km/arah. Serta hasil rancangan pengambilan keputusan untuk penanganan pemeliharaan rutin 24,60 km/arah, pemeliharaan rutin kondisi 1,62 km/arah, pemeliharaan preventif 35,30 km/arah, rehabilitasi minor 0,00 km/arah, rehabilitasi mayor 2,40 km/arah, rekonstruksi 3,12 km/arah. Rencana pemeliharaan rutin berupa pembersihan rumija dan pembersihan saluran. Sedangkan pemeliharaan rutin kondisi dapat berupa penambalan lubang, dan penutupan retak. Untuk pekerjaan preventif dapat dilakukan lapis tambah aspal tipis (≤3cm). Dan hasil perhitungan tebal lapis tambah penanganan rehabilitasi mayor diperoleh AC-WC Modifikasi tebal 4 cm, AC-BC Modifikasi tebal 6 cm. Hasil tebal lapis perkerasan penanganan rekonstruksi diperoleh hasil AC-WC Mod tebal 4 cm, AC – BC Mod tebal 6 cm, AC-Base tebal 25 cm, LFA Kelas A tebal 20 cm, LFA Kelas B tebal 15 cm, LFA Kelas C tebal 20 cm. Kata Kunci : Kondisi Jalan, Preservasi Jalan, Rehabilitasi Jalan, Rekonstruksi Jalan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Additional Information: | STS.25.0013 |
Uncontrolled Keywords: | Kondisi Jalan, Preservasi Jalan, Rehabilitasi Jalan, Rekonstruksi Jalan |
Subjects: | Skripsi S1 > Teknik Sipil |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1) |
Depositing User: | mr Rinda Rusdiana |
Date Deposited: | 06 May 2025 02:25 |
Last Modified: | 06 May 2025 02:25 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5386 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |