ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM QUKYTA SHOES DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PASCA PANDEMI

Ayuningtias, Nurtia (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UMKM QUKYTA SHOES DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN PASCA PANDEMI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
Cover.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (181kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (223kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (216kB)
[img] Text
Abstrak.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (268kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (240kB)
[img] Text
Skripsi Full.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (233kB)
[img] Text
Surat Keterangan Hasil Cek Plagiarisme.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (429kB)

Abstract

Pandemi COVID-19 memberikan dampak signifikan terhadap kelangsungan bisnis, termasuk bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Salah satu tantangan utama adalah penurunan penjualan akibat perubahan perilaku konsumen dan persaingan yang semakin ketat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh UMKM Qukyta Shoes dalam meningkatkan kembali penjualan pasca pandemi. Selain itu, penelitian ini juga mengidentifikasi hambatan serta tantangan yang dihadapi oleh UMKM dalam mengimplementasikan strategi pemasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan pemilik dan pegawai UMKM, serta dokumentasi terkait strategi pemasaran yang telah diimplementasikan. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang mencakup reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Untuk memastikan validitas data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Qukyta Shoes mengimplementasikan strategi bauran pemasaran (marketing mix) menurut Kotler dan Keller yang mencakup produk, harga, promosi, dan distribusi. Strategi produk meliputi diversifikasi model sepatu dan peningkatan kualitas. Strategi harga dilakukan dengan melalukan penyesuaian harga dan memberikan diskon kepada pelanggan setia dan reseller. Promosi difokuskan pada pemasaran digital melalui media sosial seperti WhatsApp Business, Instagram, dan Facebook. Distribusi produk dilakukan dengan menggabungkan penjualan langsung via marketplace dan pameran, serta kerja sama dengan reseller untuk memperluas jangkauan pasar. Dalam mengimplementasikan strategi pemasaran, Qukyta Shoes mengalami hambatan dan tantangan diantaranya adalah plagiasi produk oleh kompetitor, kesulitan dalam menetapkan harga yang kompetitif, keterbatasan sumber daya, baik sumber daya manusia maupun anggaran untuk promosi, serta belum optimalnya penjualan melalui marketplace. Namun, meskipun masih terdapat hambatan dan tantangan, strategi pemasaran yang diimplementasikan oleh UMKM Qukyta Shoes telah berhasil meningkatkan penjualan pasca pandemi dengan pertumbuhan omset yang stabil setiap bulan. Meskipun belum kembali seperti sebelum pandemi. Berdasarkan data penjualan pasca pandemi, partisipasi dalam pameran dan bazar memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan penjualan ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SAB.25.0015
Uncontrolled Keywords: strategi pemasaran, UMKM, bauran pemasaran
Subjects: Skripsi S1 > Administrasi Bisnis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Administrasi Bisnis (S1)
Depositing User: Mrs Nurtia Ayuningtias
Date Deposited: 03 May 2025 02:33
Last Modified: 03 May 2025 02:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item