ANALISA STATIS POROS RODA BELAKANG PADA KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API DENGAN METODE PERHITUNGAN MANUAL DAN FINETE ELEMEN METODE

AIDA NISA, FURI (2024) ANALISA STATIS POROS RODA BELAKANG PADA KENDARAAN PENILIK JALUR KERETA API DENGAN METODE PERHITUNGAN MANUAL DAN FINETE ELEMEN METODE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
2. LEMABR PENGESAHAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Furi Aida Nisa_2115217014_rev3_september_print.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (1MB)
[img] Text
08. CEK plagiat usbypkp.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (309kB)
[img] Text
LEMBAR ORISINALITAS.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (486kB)

Abstract

iv ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keamanan dan keandalan poros roda belakang pada kendaraan penilik jalur kereta api melalui metode perhitungan manual dan Finite Element Method (FEM) menggunakan perangkat lunak Autodesk Inventor. Kendaraan yang dianalisis merupakan hasil modifikasi dari mobil TATA Motor model ACE EX2, yang digunakan untuk memeriksa prasarana serta membawa petugas dan material kerja di jalur kereta api. Metode penelitian melibatkan perhitungan manual untuk menentukan tegangan lentur dan diameter aman poros, serta analisis menggunakan FEM untuk memperoleh faktor keamanan (safety factor) dan distribusi tegangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa poros roda belakang memenuhi standar keamanan baik melalui perhitungan manual maupun simulasi FEM, dengan tegangan lentur dan faktor keamanan berada dalam batas yang diizinkan. Penelitian ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan keandalan dan keselamatan kendaraan penilik jalur kereta api, serta berkontribusi pada pengembangan sistem inspeksi dan perawatan jalur kereta api di Indonesia. Kata kunci: Analisa statis, poros roda belakang, kendaraan penilik jalur kereta api, perhitungan manual, Finite Element Method, Autodesk Inventor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.24.0040
Uncontrolled Keywords: Analisa statis, poros roda belakang, kendaraan penilik jalur kereta api, perhitungan manual, Finite Element Method, Autodesk Inventor.
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: furi aida nisa
Date Deposited: 13 Dec 2024 06:44
Last Modified: 13 Dec 2024 06:44
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/5005

Actions (login required)

View Item View Item