PERANCANGAN SISTEM PROTEKSI KATODIK UNTUK PIPA DIDALAM TANAH DENGAN SISTEM ANODA KORBAN (SACP) DI STASIUN LRT KELAPA GADING

PERIYANTO, DONI DWI (2023) PERANCANGAN SISTEM PROTEKSI KATODIK UNTUK PIPA DIDALAM TANAH DENGAN SISTEM ANODA KORBAN (SACP) DI STASIUN LRT KELAPA GADING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP.

[img] Text
1. COVER.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (152kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESHAN DONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (682kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN DONI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (777kB)
[img] Text
4. ABSTRAK.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (130kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (132kB)
[img] Text
TA DONI DWI PERIYANTO (FINAL PRINT).pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (2MB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Bibliography
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (228kB)

Abstract

Pipa hydrant di Stasiun LRT Kelapa Gading memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan keselamatan stasiun dengan menyediakan pasokan air darurat, terutama untuk pemadaman kebakaran. Sayangnya, pipa-pipa ini terbuat dari logam dan secara alami rentan terhadap korosi. Karena pentingnya fungsi pipa hydrant dalam menjaga keselamatan dan operasionalitas stasiun, perlindungan dari korosi menjadi faktor krusial untuk memperpanjang usia pakai pipa ini. Untuk mengatasi masalah korosi pada pipa hydrant yang memiliki panjang mencapai 918 meter, sebuah sistem Proteksi Katodik dengan Anoda Korban (SACP) akan dirancang dan diimplementasikan. Standar NACE RP-B401 "Cathodic Protection Design" digunakan sebagai pedoman utama dalam perancangan ini. Pipa yang akan dilindungi adalah black steel pipe yang terkubur pada kedalaman 50 meter dan telah dilapisi dengan primer dan sekunder. Diameter pipa adalah 8 inci. Anoda zinc dipilih sebagai bagian integral dari sistem SACP. Kira-kira 106 anoda zinc dengan berat 2,5 kg masing-masing ditempatkan pada pipa hydrant dengan jarak 8,6 meter satu sama lain untuk memastikan distribusi perlindungan yang merata. Faktor-faktor seperti kondisi tanah, jenis tanah, kadar air, kedalaman pipa, kualitas anoda, jarak antar anoda, kualitas dan kondisi pipa, serta kondisi pelapisan pelindung pipa, semuanya menjadi pertimbangan penting dalam desain dan efektivitas SACP. Melalui penerapan SACP yang tepat, pipa hydrant di Stasiun LRT Kelapa Gading diharapkan dapat dilindungi dari korosi, usia pakainya diperpanjang hingga 10 tahun, dan keselamatan serta operasionalitas stasiun dapat terus terjaga. Kata kunci : Proteksi Katodik, Proteksi Katodik Anoda Korban, Stasiun LRT Kelapa Gading, Pipa hydrant, Pencegahan Korosi, Memperpanjang umur

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: STM.23.0025
Uncontrolled Keywords: Proteksi Katodik, Proteksi Katodik Anoda Korban, Stasiun LRT Kelapa Gading, Pipa hydrant, Pencegahan Korosi, Memperpanjang umur
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin (S1)
Depositing User: user unggah 1
Date Deposited: 25 Nov 2024 06:33
Last Modified: 25 Nov 2024 06:33
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/4808

Actions (login required)

View Item View Item