KAJIAN KERUSAKAN DRAINASE KERETA API AKIBAT PENGARUH INFILTRASI DAN LIMPASAN AIR CURAH HUJAN PADA JALUR ST. RANCAEKEK MENUJU ST. CIMEKAR DAERAH OPERASIONAL 2 BANDUNG

Setiadi, Juana Trisno (2019) KAJIAN KERUSAKAN DRAINASE KERETA API AKIBAT PENGARUH INFILTRASI DAN LIMPASAN AIR CURAH HUJAN PADA JALUR ST. RANCAEKEK MENUJU ST. CIMEKAR DAERAH OPERASIONAL 2 BANDUNG. Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
2. COVER.pdf

Download (191kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
6. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text
7. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (55kB)

Abstract

Drainase yang berasal dari bahasa inggris drainage mempunyai arti mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air. Drainase secara umum dapat didefenisikan sebagai suatu tindakan teknis untuk mengurangi kelebihan air, baik yang berasal dari air hujan, rembesan, maupun kelebihan air irigasi dari suatu kawasan/ lahan, sehingga fungsi kawasan/ lahan tidak terganggu. Drainase dapat juga di artikan sebagai usaha untuk mengontrol kualitas air tanah dalam kaitannya dengan salinitas. Faktor-faktor yang mempengaruhi besarnya debit aliran drainase pada suatu penampang drainase diantaranya penggerusan pondasi perkuatan dinding drainase ; Gerusan pada ambang atas dinding drainase ; Kerusakan pada ambang bawah dinding drainase ; Kerusakan akibat rendahnya ketahanan perkuatan drainase ; Kerusakan akibat tekanan tanah atau tekanan air tanah di belakang perkuatan drainase. Berdasarkan penelitian, analisa Debit (Q), kedalaman aliran (y), bilangan Froude (Fr), energy (E) dibuat analis dalam bentuk table dan grafik dengan batasan- batasan yang telah ditentukan agar hasil jelas dan mudah dipahami. Dari hasil penelitian didapatkan besarnya debit tertinggi (Qt) max = 1326.449 cm3/det, terjadi pada percobaan ke 9, bukaan pintu air 2.7 cm, Sedangkan (Qt) min = 11.071 cm3/det, terjadi pada percobaan 1, bukaan pintu air = 0.3 cm. Besarnya debit aliran ada kaitannya dengan gerusan (ds). Semakin besar debit aliran air maka semakin dalam pula gerusan yang terjadi pada saluran tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Drainase kereta api, Gerusan, Kecepatan aliran air
Subjects: Skripsi S1 > Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil (S1)
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2020 03:25
Last Modified: 23 Jul 2020 03:25
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/710

Actions (login required)

View Item View Item