IMPRESSION MANAGEMENT PENYANYI SOLO WANITA (Studi Kualitatif dengan Dramaturgi Erving Goffman Pada Penyanyi Solo Wanita Natasha Pramudita )

Nurzamal, Rizky (2019) IMPRESSION MANAGEMENT PENYANYI SOLO WANITA (Studi Kualitatif dengan Dramaturgi Erving Goffman Pada Penyanyi Solo Wanita Natasha Pramudita ). Skripsi thesis, UNIVERSITAS SANGGA BUANA YPKP BANDUNG.

[img] Text
01 COVER fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
08 DAFTAR ISI fix.pdf

Download (82kB)
[img] Text
12 BAB I fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] Text
13 BAB II fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
14 BAB III fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Text
15 BAB IV fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
16 BAB V fix.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penulis bernama Rizky Nurzamal, NPM 3112167009 Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sangga Buana. Judul penelitian penulis yaitu impression management penyanyi solo wanita dengan studi kualitatif dramaturgi erving goffman pada penyanyi solo wanita natasha pramudita, yang akrab disapa Tasha kelahiran Banten, 18 November 1971. Penyanyi berhijab ini selain berparas cantik, anggun, juga memiliki sifat yang aktif, pandai bergaul, supel, humble, baik serta menyenangkan. Sudah hampir tiga puluh satu tahun Natasha menggeluti dunia entertainment, sehingga pengalaman dan wawasan mengenai dunia entertainment sudah mendarah daging terutama di bidang tarik suara. Penelitian dimaksudkan untuk mendeskripsikan social frame (unsur sosial) pada panggung depan/ front stage di depan penonton, natural frame (unsur alami) pada panggung belakang/ back stage dikehidupan sehari-hari dan untuk mendiskripsikan pengelolaan kesan yang mencakup setting dan personal front Natasha Pramudita sebagai penyanyi solo wanita sewaktu berada di panggung depan/ front stage. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini mengacu pada konsep impression management Dramaturgi Erving Goffman dilihat sebagai sebuah performance yang dimaksudkan untuk membentuk kesan tertentu dari penontonnya. Hal ini didukung oleh performer dan persiapan yang sedemikian rupa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Natasha Pramudita sebagai penyanyi, kesannya ditampilkan melalui pertunjukan di berbagai acara atau event. Natasha bertugas di wilayah “panggung”, karena dia “berhadapan langsung” dengan penonton. Namun dalam pertunjukan Natasha tersebut, tidak bekerja sendiri, melainkan dengan sebuah tim. Di sini Natasha dibantu oleh aktor-aktor lain yang bertugas di belakang layar, seperti orang yang menyiapkan alat-alat dan perlengkapan bernyanyi, penata rias, penata panggung, penata musik, dan lain- lain. Penulis merekomendasikan beberapa hal terkait dengan penelitian ini, yaitu perlunya dilakukan penelitian lebih lanjut tentang peran penyanyi solo wanita di atas panggung untuk menampilkan dan mempertahankan dalam pengelolaan kesan dengan metode penelitian yang lebih mendalam. Perlu juga dilakukan penelitian selanjutnya mengenai efektifitas pengelolaan kesan Natasha Pramudita, yakni dengan mengadakan survey kepada penonton, yang tidak saja penonton yang suka menonton pertunjukan bernyanyi Natasha, tetapi juga mungkin pada orang-orang yang kurang atau tidak suka menonton pertunjukan bernyanyi Natasha. Penelitian demikian diharapkan akan mampu menjawab apakah khalayak memang menangkap kesan yang dikelola oleh Natasha tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Penyanyi, Penyanyi Solo Wanita, Pengelolaan Kesan, Dramaturgi
Subjects: Skripsi S1 > Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User: pustakawan
Date Deposited: 12 Jun 2020 03:06
Last Modified: 12 Jun 2020 03:06
URI: http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item