Sanusi, Nunung (2019) Maskulinitas dalam Iklan Gillette We Believe: What Best Man Can Be. Media Komunika (Jurnal Komunikasi) Universitas Sangga Buana YPKP, Vol. 4 (2). pp. 61-69. ISSN 2540-749X
Text
media komunika Vol. 4 No 2_ 5.pdf Download (596kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Maskulinitas dalam Iklan Gillette What The Best Man Can Be (analisis semiotika model Roland Barthes dalam iklan Gillette what the best man can be)” menggunakan metode penellitian kualitatif dengan jenis analisis semiotika menggunakan semiotika dua tahap Roland Barthes. Semiotika dua tahap Roland Barthes sendiri adalah model yang hampir digunakan dalam setiap penelitian semiotika, model ini membongkar makna denotasi kemudian pada tahap selanjutnya membongkar makna konotasi dan mitos. Analisis dilakukan dengan observasi iklan Gillette dengan didukung dengan data dari berbagai sumber seperti, buku, jurnal, juga skripsi terdahulu. Iklan Gillette ini merupakan sebuah upaya yang dilakukan oleh Gillette untuk meredefinisikan makna maskulinitas di tengah banyaknya masyarakat yang masih memaknai maskulinitas dengan pemahaman yang tradisional, seperti perempuan adalah subordinat dari lakilaki sehingga seringkali muncul kejadian perlakuan yang semena-mena terhadap perempuan yang berujung pada pelecehan dan kekerasan seksual, laki-laki melakukan kekerasan adalah hal yang wajar bahkan satu-satunya cara untuk memecahkan masalah serta laki-laki tidak diperbolehkan menunjukan emosi yang berlebihan. Kesimpulan penelitian ini menginformasikan apa yang iklan Gillette ini maksud yaitu untuk mendefinisi ulang makna maskulin untuk mengurangi tindakan-tindakan maskulinitas beracun yang selama ini mungkin tidak disadari telah dilakukan oleh sebagian laki-laki.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Maskulinita Beracun, Iklan Gillette, Semiotika Roland Barthes |
Subjects: | Jurnal USBYPKP > Jurnal Media Komunika |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik (FISIP) > Ilmu Komunikasi (S1) |
Depositing User: | Rizal Dwi |
Date Deposited: | 06 May 2020 14:12 |
Last Modified: | 06 May 2020 14:12 |
URI: | http://repository.usbypkp.ac.id/id/eprint/499 |
Actions (login required)
View Item |